10 Fitur Baru Microsoft Office Excel 2016 Yang Perlu Anda Ketahui

 tentunya juga ikut mendapatkan perbaikan & penambahan fitur 10 Fitur Baru Microsoft Office Excel 2016 Yang Perlu Anda Ketahui

Fitur Baru Excel 2016 - Pada September 2015, microsoft resmi merilis Office 2016 dengan berbagai macam fitur terbarunya. Sebagai bagian dari Office 2016, Microsoft office Excel 2016 tentunya juga ikut mendapatkan perbaikan & penambahan fitur-fitur baru.

Lalu fitur baru apa saja yg microsoft tawarkan pada versi excel 2016 ini?

Apabila Anda sdh menggunakan Excel 2010 atau Excel 2013 memang tidak ada perubahan berarti dari sisi user interface Excel 2016. Antarmuka Excel 2016 sangat mirip dengan versi sebelumnya, begitupun dengan sebagian besar cara kerja & fiturnya.

Namun, ada sejumlah pembaharuan dan perbaikan yg dirancang agar Office Excel 2016 lebih baik & lebih mudah digunakan untuk menyempurnakan versi sebelumnya.

Berikut ulasan 10 fitur baru pada Excel 2016:


"Tell Me" Box


Anda bisa menemukan sebuah kotak yg bertuliskan "Tell me what you want to do..." dibagian atas ribbon excel 2016 yg juga bisa di akses dengan Shortcut Alt + Q.

Pada kotak tersebut, tuliskan beberapa frasa kalimat atau kata yg terkait dengan apa yg ingin Anda lakukan. Office Excel 2016 otomatis akan menyediakan beberapa fitur yg terkait dengan kebutuhan anda.

 tentunya juga ikut mendapatkan perbaikan & penambahan fitur 10 Fitur Baru Microsoft Office Excel 2016 Yang Perlu Anda Ketahui

Anda juga bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan bantuan terkait dengan istilah tertentu pada excel yg belum anda fahami.

New Chart Types


Selain kotak "Tell Me", pada excel 2016 anda juga akan menemukan beberapa tipe Chart atau diagram baru yg tidak ada pada versi sebelumnya.

Lebih tepatnya Excel 2016 menambahkan 6 tipe bagan atau chart: Treemap, Sunburst, Pareto, Histogram, Box and wishker, & Waterfall.

 tentunya juga ikut mendapatkan perbaikan & penambahan fitur 10 Fitur Baru Microsoft Office Excel 2016 Yang Perlu Anda Ketahui

Get & Transform


Fitur ini sebelumnya tersedia secara terpisah sebagi add-in yg disebut dengan Power Query.

Pada excel 2016 fitur ini tersedia secara default (bawaan) yg bisa anda temukan pada Tab Data--Group Get & Transform.

Dengan fitur ini, selain digunakan pada data yg sdh ada di excel, Anda juga dapat mengimport data dari sumber lain secara mudah & cepat untuk di transformasi yg kemudian bisa Anda olah lebih lanjut.

 tentunya juga ikut mendapatkan perbaikan & penambahan fitur 10 Fitur Baru Microsoft Office Excel 2016 Yang Perlu Anda Ketahui

Selain mengimpor file CSV(Comma Separated Values) & file excel lain, dengan fitur baru ini sekarang Anda dapat mengimport data dari berbagai sumber database (SQL, Access, Oracle, IBM, dll.), Azure maupun sumber lain semisal facebook & Salesforce.

Forecasting


Pada versi excel sebelumnya excel sdh menyediakan fungsi FORECAST sbgai fungsi untuk menghasilkan tren atau perkiraan linear nilai masa depan berdasarkan nilai yg sdh ada.

Pada Excel 2016 fungsi ini digantikan dengan fungsi baru yakni FORECAST.LINEAR & juga ditambahkan dengan beberapa varian lain:
  1. FORECAST.ETS
  2. FORECAST.ETS.CONFINT
  3. FORECAST.ETS.SEASONALITY
  4. FORECAST.ETS.STAT

Selain fungsi-fungsi excel tersebut Excel 2016 juga menyediakan fitur Forecast Sheet yg bisa Anda temukan pada Tab Data--Group Forecast.

 tentunya juga ikut mendapatkan perbaikan & penambahan fitur 10 Fitur Baru Microsoft Office Excel 2016 Yang Perlu Anda Ketahui

Dengan fitur ini, asalkan Anda memiliki jumlah data yg layak & memenuhi kriteria, Excel akan mampu meramalkan trend data anda ke masa depan dan menunjukkan tingkat kepercayaan ramalan tersebut.

Fitur ini juga sdh cukup cerdas dengan a&ya opsi perkiraan trend musiman dan menghasilkan grafik garis atau batang sehingga lebih enak di lihat.

Quick Analysis Tools


Quick analysis tool adalah alat yg akan menghemat waktu Anda. Pada dasarnya fitur yg juga bisa diakses dengan Shortcut Alt + Q ini juga sdh tersedia pada versi office excel 2013 & disempurnakan pada versi Excel 2016 yg baru.

 tentunya juga ikut mendapatkan perbaikan & penambahan fitur 10 Fitur Baru Microsoft Office Excel 2016 Yang Perlu Anda Ketahui

Quick analysis tool menyediakan beberapa menu pilihan untuk melakukan formatting, menambahkan chart atau sparkline, melakukan penjumlahan, dan membuat tabel secara otomatis.

Cara menggunakannya cukup mudah. Setlah Anda selesai mengisi data pada spreadsheet atau tabel, pilih/seleksi seluruh rentang data anda. Perhatikan ikon lembar kerja petir di sudut kanan bawah. Klik ikon ini & menu lain akan muncul yg memperlihatkan beberapa opsi atau pilihan menu untuk apa yg harus dilakukan dengan data ini.

3D Maps - PowerMap


 tentunya juga ikut mendapatkan perbaikan & penambahan fitur 10 Fitur Baru Microsoft Office Excel 2016 Yang Perlu Anda Ketahui

Pada versi sebelumnya fitur ini dinamakan Power Map yg adalah Add-in terpisah. Pada Excel 2016 fitur ini tersedia secara bawaan default dengan nama "3D Maps" yg bisa anda temukan pada Tab Insert--Group Tours.

3D Maps bisa anda gunakan untuk menampilkan perbandingan data berdasarkan lokasi kota atau negara. Dengan fitur ini visualisasi data tentu akan lebih menarik.

Smart Lookup


Smart Lookup adalah fitur baru yg tersedia pada Office 2016.

Fitur ini secara otomatis akan menemukan informasi di Web menggunakan mesin pencari Bing tanpa memaksa pengguna untuk membuka browser Internet & menjalankan pencarian secara manual.

Untuk menggunakan Smart Lookup pada Excel 2016 pilih frasa kata atau kalimat pada sel exel kemudian klik kanan & pilih menu Smart Lookup.

 tentunya juga ikut mendapatkan perbaikan & penambahan fitur 10 Fitur Baru Microsoft Office Excel 2016 Yang Perlu Anda Ketahui

Panel wawasan atau Insight akan terbuka & menampilkan definisi, artikel Wiki, & pencarian terkait yg teratas dari web. Anda juga dapat mengakses Smart Lookup kapan saja dengan masuk ke menu Review--Smart Lookup & memasukkan kueri pencarian di sana.

Ink Equations


 tentunya juga ikut mendapatkan perbaikan & penambahan fitur 10 Fitur Baru Microsoft Office Excel 2016 Yang Perlu Anda Ketahui

Dengan Excel 2016, memasukkan persamaan matematika akan jauh lebih mudah. Kapanpun anda ingin menyisikan persamaan matematika sederhana atau kompleks pada sebuah Sheet excel, gunakan fitur Ink Equations yg bisa Anda temukan pada Tab Insert--Group Symbols--pilih Equation.

Berbagi & Berkolaborasi Dengan Mudah & Praktis


Pada sudut kanan atas excel 2016 Anda bisa menemukan menu Share atau berbagi yg bisa Anda gunakan untuk berbagi file excel Anda dengan orang lain di SharePoint, OneDrive, atau OneDrive for Business.

 tentunya juga ikut mendapatkan perbaikan & penambahan fitur 10 Fitur Baru Microsoft Office Excel 2016 Yang Perlu Anda Ketahui

Sebelumnya fitur ini hanya bisa Akses melalui BackstageView.

Perubahan pada excel 2016 menyatukan dua aspek utama kolaborasi: siapa yg memiliki akses ke dokumen tertentu & siapa yg saat ini mengerjakan dokumen tersebut bersama dengan Anda.

Sekarang Anda dapat menampilkan kedua potongan informasi ini dari kotak dialog Share.

Penyempurnaan PivotTable


Jika anda belum kenal dengan Pivot Table, sprtinya penyempurnaan fitur ini tidak cukup berarti untuk Anda. Namun bagi peminat Pivot Table saya yakin penyempurnaan fitur Pivot Table pada Excel 2016 ini akan sangat membantu kebutuhan Anda.

Berikut beberapa penambahan dan penyempurnaan fitur Pivottable Excel 2016:

Automatic relationship detection


Di Excel 2013, membuat Pivottable dari dua atau lebih set data adalah operasi yg relatif sulit sebab harus menggunakan Tool Relationship Excel untuk menentukan nama bi&g penghubung antara tabel database terpisah.

Excel 2016 membuat proses ini sedikit lebih mudah dengan tombol Deteksi Otomatis yg dapat membandingkan beberapa tabel basis data untuk mengidentifikasi nama kolom umum, & kemudian menemukan & membuat hubungan di antara tabel yg digunakan untuk model data pada workbook Excel secara otomatis.

Excel 2016 mengetahui kapan analisis Anda membutuhkan dua atau beberapa tabel untuk ditautkan bersama-sama & memberitahu Anda.

Dengan sekali klik, Excel 2016 melakukan pekerjaannya untuk membangun hubungan, sehingga Anda dapat memanfaatkannya dengan segera.

Creating, editing, and deleting custom measures


Dengan Excel 2016 Pembuatan, pengeditan & penghapusan "custom measures" dapat dilakukan secara langsung dari daftar bi&g PivotTable, menghemat banyak waktu saat Anda perlu menambahkan penghitungan tambahan untuk analisis Anda.

Untuk melakukan ini, Anda perlu memastikan memiliki setidaknya tiga tabel yg ditambahkan ke Model Data Excel (dengan hubungan yg tepat didefinisikan, sesuai kebutuhan), & kemudian klik kanan tabel dlm daftar Bi&g PivotTable & pilih opsi "Add Measure...".

Date Grouping


PivotTable pada Excel 2016 secara otomatis mengelompokkan bi&g tanggal & waktu menjadi tahun, kuartal, & bulan.

Setlah field dikelompokkan bersama, Anda dapat menyeret grup ke PivotTable Anda dlm satu tindakan untuk mendistribusikan data Anda di berbagai tingkat waktu dengan kemampuan drilldown.

Pada versi Excel sebelumnya, data PivotTable diplot berdasarkan tanggal tertentu, & pengguna harus menentukan pengaturan grup tanggal secara manual menggunakan alat pengelompokan.

Jika Anda ingin mempelajari lebih dlm, Anda cukup menggunakan opsi + di samping segmen tanggal untuk memperluas tingkat pengelompokan brkutnya. Saya pikir Anda akan merasa jauh lebih mudah mengelola data.

PivotChart drilldown buttons


Tombol telusuri PivotChart memungkinkan Anda untuk memperbesar & memperkecil pengelompokan waktu & struktur hierarki lainnya di dlm data Anda.

Search field


PivotTable tlah direvitalisasi dengan bilah penelusuran (Search field) yg akan mempermudah saat Anda menangani kumpulan data besar dengan berbagai bi&g (field) yg penting bagi Anda di seluruh rangkaian data Anda.

Smart rename


Smart rename (Penggantian nama cerdas) memberi Anda kemampuan untuk mengganti nama tabel & kolom dlm model data pada workbook.

Dengan setiap perubahan, Excel 2016 secara otomatis memperbarui setiap tabel & perhitungan terkait di seluruh workbook, termasuk semua worksheet & rumus DAX.

Defer Layout Update


Mirip dengan pengaturan opsi Workbook Calculation ke Manual (Tab Formula--Calculation Options) untuk mencegah buku kerja Anda menghitung ulang setlah setiap pengeditan, fitur PivotTable baru yg disebut Defer Layout Update (lihat screenshot di bawah) memungkinkan Anda menunda memperbarui perhitungan PivotTable Anda saat Anda melakukan beberapa perubahan pada data Pivot Anda.

 tentunya juga ikut mendapatkan perbaikan & penambahan fitur 10 Fitur Baru Microsoft Office Excel 2016 Yang Perlu Anda Ketahui

Setlah Anda menyelesaikan pengeditan, perubahan Anda dapat diperbarui di seluruh buku kerja dengan menekan tombol Pembaruan, tidak mencentang opsi "Defer Layout Update", atau menutup jendela PivotTable atau PowerPivot.

Multi Select Slicer


Sebelumnya hanya satu item pada Slicer. Pada Excel 2016 Anda bisa memilih beberapa item dlm Slicer.

Sekian pembahasan kita mengenai 10 Fitur Terbaru di Excel 2016. Semoga bisa menambah wawasan Anda.

Jika Anda suka artikel semacam ini, jangan ragu untuk share ke media sosial yg anda kelola. Terima kasih.
Sumber https://www.kelasexcel.id

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "10 Fitur Baru Microsoft Office Excel 2016 Yang Perlu Anda Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel