Perbedaan Penggunaan Fungsi AND dan OR pada Microsoft Excel
Apakah Anda masih bingung tentang perbedaan fungsi AND & OR Excel? & juga kapan harus menggunakan Fungsi AND & OR pada Excel?
Jika ya, maka pembahasan ini cocok untuk Anda pelajari. Sebab, pada pembahasan ini akan dijelaskan tentang penggunaan fungsi AND & OR dengan benar.
Tutorial excel kita kali ini adalah lanjutan dari dua tutorial sebelumnya tentang Fungsi AND & Fungsi OR pada Microsoft Office Excel.
Sebelum membaca tutorial ini, sebaiknya anda baca dua pembahasan sebelumnya tentang cara menggunakan fungsi AND & cara menggunakan fungsi OR di excel.
Perbedaan Fungsi AND & OR Excel
Perbedaan mendasar antara Fungsi Logika AND & OR adalah syarat atau kondisi nilai untuk menghasilkan nilai logika TRUE & FALSE-nya.
Pada fungsi atau rumus AND Excel, nilai True akan dihasilkan jika semua kondisi terpenuhi, & akan menghasilkan nilai False jika salah satu atau semua kondisi tidak terpenuhi (Salah satu atau semua kondisi False).
Se&gkan pada fungsi atau rumus OR Excel, nilai True akan dihasilkan jika salah satu atau semua kondisi logika yg diuji menghasilkan nilai TRUE. Serta hanya akan menghasilkan nilai logika FALSE, jika semua argumen yg diuji bernilai FALSE.
Silahkan perhatikan tabel perbandingan brkut:
Tabel 1 Fungsi AND & OR Dengan Dua (2) Kondisi Perbandingan
Tabel brkut menunjukkan perbedaan hasil uji logika oleh fungsi AND & OR dengan 2 kondisi evaluasi.
Tabel 2 Fungsi AND & OR Dengan Tiga (3) Kondisi Perbandingan
Tabel brkut menunjukkan perbedaan hasil Rumus AND & OR dengan 3 kondisi uji logika evaluasi.
Tabel 3 Fungsi AND & OR Dengan Empat (4) Kondisi Perbandingan
Tabel brkut menunjukkan perbedaan hasil rumus uji logika oleh fungsi AND & OR dengan 4 kondisi evaluasi.
Cara Menggunakan Fungsi AND Dan OR Excel Dengan Benar
Pada tabel diatas jika anda perhatikan fungsi AND hanya menghasilkan nilai logika TRUE Jika semua uji logika yg dilakukan menghasilkan evaluasi TRUE. Jika salah satu uji logika ada nilai False-nya maka fungsi atau rumus AND akan menghasilkan nilai logika FALSE.
Pada fungsi OR, nilai logika True dihasilkan asal ada salah satu argument bernilai True, & jika semua uji logikanya menghasilkan evaluasi ke False maka fungsi atau rumus OR akan menghasilkan nilai False.
Dalam penerapannya anda harus benar-benar jeli & teliti kapan harus menggunakan fungsi AND excel & kapan harus menggunakan OR Excel.
Pada kasus tertentu kita hanya butuh fungsi AND, pada kasus lain bisa jadi hanya butuh fungsi OR.
Pada lain kasus kita butuh memasukkan fungsi OR kedlm argument fungsi AND & sebaliknya pada saat yg lain barangkali kita perlu memasukkan fungsi AND ke dlm argumnet fungsi OR.
Secara umum kasus-kasus rumus excel yg melibatkan banyak kriteria biasanya menggunakan 2 jenis fungsi logika, yakni logika OR, logika AND atau keduanya sekaligus (AND-OR/OR-AND).
Apabila anda masih bingung saya kasih analogi begini:
Dalam sebuah ruangan ada 20 Orang yg terdiri dari :
- 5 Orang Laki-laki memakai baju berwarna putih
- 3 Orang Laki-laki memakai baju berwarna merah
- 2 Orang Laki-laki memakai baju berwarna hitam
- 4 Orang Wanita memakai baju berwarna putih
- 4 Orang Wanita memakai baju berwarna merah
- 2 Orang Wanita memakai baju berwarna hitam
Berapakah Jumlah Laki-laki & berbaju merah?
Jawabannya adalah 3. Ini logika AND yg mana kedua kriteria Laki-laki & berbaju merah harus terpenuhi untuk dimasukkan dlm hitungan.
Berapakah Jumlah yg berbaju merah atau hitam?
Jawabannya adalah 11 (3+2+4+2). Ini Logika OR yg meghitung siapapun yg memenuhi salah satu kriteria.
Berapakah jumlah Laki-laki & (berbaju putih atau hitam)?
Jawabannya adalah 7 (5+2). Ini Logika Campuran AND-OR. Yang dihitung hanya Laki-laki yg berbaju putih atau laki-laki yg berbaju hitam.
Berapakah jumlah (Laki-laki atau Wanita) & berbaju putih?
Jawabannya 9 (5+4). Ini Logika Campuran AND-OR. Yang dihitung adalah semua Laki-laki & wanita namun hanya yg berbaju putih saja.
Pada 2 pertanyaan terakhir saya menggunakan tanda kurung, hal ini untuk menyatakan kesatuan saja. Sebab pertanyaan tersebut bisa saja diinterpretasikan berbeda. Hal yg sama berlaku juga saat kita menggunakan fungsi logika OR atau AND pada rumus excel. Anda harus jeli dlm meletakan sebuah fungsi excel di dlm fungsi lainnya.
Biasanya dua Fungsi ini (OR & AND) kita kombinasikan dengan fungsi-fungsi lain misal Fungsi IF dlm penerapannya di Excel.
Demikian pembahasan tutorial excel kita kali ini, jika masih ada yg belum jelas slahkan sampaikan pada kolom komentar yg tersedia. Sumber https://www.kelasexcel.id
Belum ada Komentar untuk "Perbedaan Penggunaan Fungsi AND dan OR pada Microsoft Excel"
Posting Komentar