Rumus OR Excel, Contoh dan Cara Menggunakan Fungsi OR Pada Microsoft Excel

Apa sih maksud Fungsi OR pada Rumus Excel Rumus OR Excel, Contoh & Cara Menggunakan Fungsi OR Pada Microsoft Excel

Apa sih maksud Fungsi OR pada Rumus Excel?

Pada microsoft excel, Fungsi OR juga termasuk kedlm kategori fungsi logika sprti . Kegunaan fungsi excel OR & AND sama-sama membandingkan dua atau lebih kondisi sehingga menghasilkan nilai True atau False.

Apa & bagaimana manfaat atau kegunaan fungsi OR pada Excel? mari kita pelajari bersama.


Pengertian Fungsi OR Excel


Fungsi OR adalah Fungsi excel yg digunakan untuk menghasilkan nilai TRUE jika salah satu argumennya bernilai TRUE & menghasilkan nilai FALSE jika semua argumen FALSE. Jadi dlm hal menghasilkan nilai logika True atau False, Fungsi OR adalah kebalikan dari fungsi AND.

Saat menggunakan rumus OR, nilai logika TRUE akan dihasilkan jika salah satu atau semua kondisi terpenuhi. Se&gkan nilai logika FALSE akan dihasilkan jika semua kondisi tidak terpenuhi.

UJI LOGIKAHASIL RUMUS OR
Semua kondisi bernilai TRUETRUE
Semua kondisi bernilai FALSEFALSE
Salah satu/lebih kondisi bernilai TRUETRUE

Perbedaan Fungsi AND dengan Fungsi OR adalah syarat atau kondisi nilai untuk menghasilkan nilai boolean TRUE & FALSE-nya.

Perhatikan tabel fungsi logika OR excel dibawah ini untuk lebih jelasnya tentang nilai logika TRUE atau FALSE yg akan dihasilkan oleh fungsi OR Excel saat membandingkan argumen-argumennya:

Tabel Fungsi OR Dengan 2 Kondisi Evaluasi


Berikut tabel perbandingan penggunaan fungsi OR dengan 2 kondisi evaluasi.

Apa sih maksud Fungsi OR pada Rumus Excel Rumus OR Excel, Contoh & Cara Menggunakan Fungsi OR Pada Microsoft Excel

Tabel Fungsi OR Dengan 3 Kondisi Evaluasi


Berikut tabel perbandingan penggunaan fungsi OR dengan 3 kondisi evaluasi.

Apa sih maksud Fungsi OR pada Rumus Excel Rumus OR Excel, Contoh & Cara Menggunakan Fungsi OR Pada Microsoft Excel

Fungsi AND hanya akan menghasilkan nilai logika TRUE jika semua kondisi TRUE, se&gkan pada fungsi OR hanya akan menghasilkan nilai logika FALSE jika semua kondisi FALSE.

Pembahasan lebih detail tantang perbedaan fungsi atau rumus AND & OR ini bisa anda baca pada halaman brkut:

Cara Menggunakan Rumus OR Excel


Cara penulisan fungsi OR pada rumus excel adalah sbgai brkut:

OR(Logika1; [Logika2]; ...)

Argumen Fungsi OR:
Logika1
Kondisi pertama yg ingin kita uji yg akan dievalusi ke TRUE atau FALSE.
Logika2; ...
(Opsional) Kondisi tambahan yg ingin kita uji. Maksimal 255 kondisi.

Setiap argumen pada fungsi OR harus mengevaluasi terhadap nilai logika(TRUE/FALSE), atau berupa array dan referensi sel yg berisi nilai logika (TRUE/FALSE).

Contoh Rumus OR Excel


Berikut beberapa contoh dasar penggunaan fungsi atau Rumus OR excel.

Contoh Rumus OR Excel 1


perhatikan contoh sederehana rumus OR Excel brkut:

Apa sih maksud Fungsi OR pada Rumus Excel Rumus OR Excel, Contoh & Cara Menggunakan Fungsi OR Pada Microsoft Excel

Pada contoh nomor 6 (cell C7), rumus excel OR yg digunakan:

=OR(10>5;10>15;10>20)

Evaluasi rumus diatas adalah:

=OR(TRUE;FALSE;FALSE)

Meskipun nilai 10 tidak lebih dari 15 & 20 rumus excel ini akan menghasilkan nilai logika TRUE, sebab fungsi OR hanya akan meghasilkan nilai logika False jika hasil uji logika semua argument mengevaluasi ke False.

Contoh Rumus OR Excel 2


Selanjutnya perhatikan juga contoh rumus OR pada excel brkut:

Apa sih maksud Fungsi OR pada Rumus Excel Rumus OR Excel, Contoh & Cara Menggunakan Fungsi OR Pada Microsoft Excel

Pada contoh diatas rumus excel pada sel D2 adalah:

=OR(A2>70;B2>70)

Jika diterjemahkan ke dlm kalimat kira-kira akan sprti ini:

Apakah A2 lebih dari 70 ATAU B2 Lebih dari 70?

Evalusi rumus diatas adalah:

=OR(TRUE;FALSE)

Dan hasilnya adalah TRUE, sebab salah satu argumentnya bernilai TRUE.

Contoh Rumus OR Pada Fungsi IF


Pada contoh brkut, fungsi OR digunakan sbgai salah satu argument pada fungsi IF Excel.

Apa sih maksud Fungsi OR pada Rumus Excel Rumus OR Excel, Contoh & Cara Menggunakan Fungsi OR Pada Microsoft Excel

=IF(OR(A2>70;B2>70);"Lulus";"Tidak Lulus")

Pada contoh diatas, Fungsi OR digunakan untuk menentukan nilai akhir dari fungsi IF.

Fungsi OR pada rumus excel tersebut akan menetukan nilai TRUE atau FALSE pada Rumus IF Gabungan.

Cara semacam ini tentunya lebih efisien jika dibandingkan dengan menggunakan rumus iF bertingkat untuk menghasilkan nilai yg sama untuk beberapa kondisi.

Pada rumus pertama jika diterjemahkan menjadi kalimat kira-kira akan sprti ini:

Apakah Nilai A2 lebih dari 70 ATAU Nilai B2 lebih dari 70? Jika YA maka tulis Lulus, Jika TIDAK maka tulis Tidak lulus.

Pada contoh ini jika salah satu nilainya lebih dari 70 maka akan menghasilkan teks "Lulus".

Seperti yg tlah anda pelajari dari contoh rumus OR di atas seringkali anda akan membutuhkan operator perbandingan excel dlm menggunakan fungsi OR excel ini.

Pada prakteknya anda harus benar-benar jeli untuk memutuskan kapan harus menggunakan fungsi AND & kapan harus menggunakan fungsi atau rumus OR excel ini.

Penjelasan lebih lengkap tentang fungsi IF gabungan dengan fungsi AND atau OR (IF-OR, IF-AND, IF-OR-AND atau IF-AND-OR) bisa anda pelajari pada halaman brkut: Rumus Excel Gabungan Fungsi IF dengan fungsi OR & AND

Sumber https://www.kelasexcel.id

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Rumus OR Excel, Contoh dan Cara Menggunakan Fungsi OR Pada Microsoft Excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel