Pengertian Cell dan Range & Perbedaan Baris dan Kolom (Row dan Column) di Excel

 pada tutorial excel kali ini kita akan mempelajari tentang pengertian Cell Pengertian Cell & Range & Perbedaan Baris & Kolom (Row & Column) di Excel

Bagaimana pengertian cell, range, row & column pada microsoft excel?

Setlah menjelaskan perbedaan workbook & worksheet pada microsoft excel, pada tutorial excel kali ini kita akan mempelajari tentang pengertian Cell, pengertian Range dan menjelaskan tentang pengertian & perbedaan antara baris & kolom atau Row & Column pada microsoft Excel.

Tutorial excel ini ditujukan untuk anda yg memang benar-benar nol & baru mengenal Ms. excel. Untuk anda yg sdh mengerti tentang konsep dasar penggunaan excel, tutorial kali ini bisa anda lewati. Namun demikian tidak ada salahnya anda baca dulu, barangkali ada satu dua hal yg terlewat belum anda ketahui misalnya tentang tips cara berpindah antar cell excel dibagian akhir tutorial ini.

Jika sebelumnya anda sdh membaca penjelasan tentang buku kerja (worksheet) & lembar kerja (workbook) excel yg sdh diulas sebelumnya, memahami bagian ini akan lebih mudah lagi. Sebab pada bagian tersebut juga sdh sedikit menyinggung tentang pengertian istilah Row, Column, Cell & Range pada microsoft excel.


Sebelum membahas tentang pengertian cell & range kita bahas dulu pengertian row & column pada excel.

Pengertian ROW (Baris) Pada Excel


Pengertian Row yg dlm bahasa Indonesia di artikan sbgai "Baris" adalah bagian dari worksheet yg melintang horisontal ke samping & ditandai dengan nomor angka 1,2,3 sampai 1.048.576.

 pada tutorial excel kali ini kita akan mempelajari tentang pengertian Cell Pengertian Cell & Range & Perbedaan Baris & Kolom (Row & Column) di Excel

Pengertian COLUMN (Kolom) Pada Excel


Adapun Column dlm bahasa Indonesia di artikan sbgai "Kolom", adalah bagian dari worksheet yg melintang vertikal ke atas & ditandai dengan huruf A,B,C, & seterusnya sampai XFD.

 pada tutorial excel kali ini kita akan mempelajari tentang pengertian Cell Pengertian Cell & Range & Perbedaan Baris & Kolom (Row & Column) di Excel

Perbedaan Baris & Kolom Pada Microsoft Excel


Pada Excel 2003 jumlah row atau baris excel yg disediakan oleh excel hanya 65.536 saja.

Mulai versi excel 2007, jumlah row atau baris pada microsoft excel adalah 1.048.576. Angka terakhir pada bagian bawah worksheet sebelah kiri menunjukkan jumlah baris yg disediakan oleh microsoft excel.

Se&gkan jumlah kolom Pada excel 2003 hanya sampai huruf IV atau 256 kolom saja, se&gkan pada versi excel 2007 ke atas jumlah Column atau kolom yg disediakan oleh microsoft excel sampai huruf XFD yg adalah kolom ke-16.384.

JUMLAH KOLOM DAN BARIS EXCEL :
  • Excel 2003 ke bawah : 65.536 baris | 256 kolom
  • Excel 2007 ke atas : 1.048.576 baris | 16.384 kolom

Dari penjelasan tentang pengertian kolom & baris di atas sdh jelas bahwa perbedaan kolom & baris selain dari bentuknya yg memanjang secara vertikal & horisontal juga terletak pada jumlahnya.

Setlah menjelaskan pengertian Row & Column dan perbedaan baris & kolom, Pada bagian selanjutnya kita akan membahas pengertian Cell & juga tentang pengertian Range pada microsoft Excel.

Pengertian Cell(Sel) Pada Excel


Apa yg dimaksud dengan cell atau sel pada microsoft excel?

Pengertian Cell adalah sebuah kotak kecil pada worksheet yg adalah titik pertemuan antara Row & Column.

Jadi pertemuan antara baris & kolom disebut dengan cell atau sel excel dlm istilah Indonesia.

Sebuah sel excel biasanya diberi nama atau alamat sesuai dengan nama kolom & nomor barisnya. Misalnya titik pertemuan antara kolom C & baris nomor 5 disebut dengan Sel C5, dengan kata lain Sel C5 adalah sel excel yg berada di kolom C & baris ke-5.

 pada tutorial excel kali ini kita akan mempelajari tentang pengertian Cell Pengertian Cell & Range & Perbedaan Baris & Kolom (Row & Column) di Excel

Nama atau alamat cell yg se&g aktif bisa anda lihat pada bagian formula bar sebelah kiri yg disebut dengan namebox sprti yg nampak pada gamar di atas.

Pada excel 2003 ke bawah jumlah sel excel dlm sebuah worksheet adalah 16.777.216. Se&gkan Pada Excel 2007 ke atas dlm sebuah worksheet memuat 17 Milliar sel atau angka tepatnya 17.179.869.184 sel.

Pengertian Range (Rentang) Pada Excel


Apa yg dimaksud dengan range dlm excel?

Jika Cell adalah pertemuan antara Row & Column atau pertemuan Baris & Kolom, maka RANGE atau dlm istilah Indonesia diartikan sbgai rentang adalah kumpulan dari beberapa cell pada microsoft excel.

Jadi pengertian Range adalah gabungan dari beberapa cell pada microsoft excel, baik dlm satu atau beberapa baris & kolom.

 pada tutorial excel kali ini kita akan mempelajari tentang pengertian Cell Pengertian Cell & Range & Perbedaan Baris & Kolom (Row & Column) di Excel

Sekelompok Sel yg tergabung & disebut dengan range disini bisa dlm satu baris, satu kolom, maupun beberapa baris & kolom.
  • Contoh range satu baris misalnya A1:F1.
  • Contoh range satu kolom misalnya A1:A5.
  • Contoh range beberapa kolom & bari misalnya A1:F5.

Sebuah sel atau range pada worksheet excel bisa juga kita beri nama tertentu sehingga mudah untuk diingat sesuai kebutuhan. Caranya bisa anda baca pada halaman brkut: Menamai Range Pada Excel.

Berpindah Antar Cell di Excel


Selain menggunakan mouse untuk mengaktifkan atau memilih sebuah sel kita bisa juga mengaktifkan atau berpindah antar sel dengan tombol-tombol pada keyboard.

Tombol shortcut pada keyboard yg bisa anda gunakan untuk berpindah antar sel didlm sebuah worksheet antara lain:
Shortcut Pindah Antar Cell Pada Worsheet
SHORTCUT FUNGSI
, , , Pindah satu sel ke kiri, atas, kanan atau bawah
Tab Pindah satu sel ke kanan
Shift + Tab Pindah satu sel ke kiri
Enter Pindah satu sel ke bawah
Shift + Enter Pindah satu sel ke atas
Ctrl + Pindah satu sel paling kiri pada kolom pertama
Ctrl + Pindah satu sel paling kanan pada kolom terakhir
Ctrl + Pindah satu sel paling atas pada baris pertama
Ctrl + Pindah satu sel paling bawah pada baris terakhir
Home Pindah ke kolom A
Ctrl + Home Pindah ke sel A1
PgUp Pindah satu layar ke atas
PgDn Pindah satu layar ke bawah
Alt + PgUp Pindah satu layar ke kiri
Alt + PgDn Pindah satu layar ke kanan
Ctrl + PgUp Pindah ke worksheet brkutnya
Ctrl + PgDn Pindah ke worksheet sebelumnya

Selain memanfaatkan namebox kita juga bisa mengetahui posisi baris atau kolom dengan fungsi excel. Silahkan anda pelajari pada bagian brkut: Cara mengetahui Posisi dan Jumlah Baris & Kolom pada Microsoft Excel

Demikian sedikit penjelasan tentang pengertian row, column, cell & range pada microsoft office excel. Selanjutnya slahkan pelajari beberapa panduan dasar excel brkut.

Sebelum pergi jangan lupa di Bookmark & share artikel tutorial excel ini dengan tombol yg sdh tersedia di bawah. Salam .


Sumber https://www.kelasexcel.id

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Cell dan Range & Perbedaan Baris dan Kolom (Row dan Column) di Excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel