Panduan Cara Cut Copy Paste di Excel
Cara copy paste di excel - Salah satu aktifitas yg sering anda lakukan saat bekerja dengan excel adalah melakukan kegiatan Copy-Paste & Cut-Paste. Yakni menduplikasi atau memindahkan sebuah data dari satu tempat ke tempat lainnya.
Saya yakin anda sdh cukup faham dengan kedua istilah yg sdh sangat familiar ini.
Saat menggunakan microsoft excel, ada bermacam aktifitas copy paste yg Anda butuhkan sprti bagaimana:
- Cara copy formula excel
- Cara copy paste sheet excel
- Cara copy paste excel sama persis
- Cara copy paste special di excel
- Cara copy row yg di filter
- Cara copy excel tanpa rumus
- & lain sbgainya.
Pada Microsoft Office, Copy adalah perintah untuk menyimpan sebuah data di clipboard tanpa menghapus data asalnya.
Mirip dengan Copy, Istilah Cut juga adalah perintah untuk menyimpan sebuah data di clipboard namun dengan menghapus atau menghilangkan data asalnya.
Adapun Paste adalah perintah untuk mengeluarkan, menempelkan atau meletakkan simpanan hasil copy-an pada clipboard tadi pada suatu tempat (sel/range) di lembar kerja excel (worksheet).
Jika anda menjalankan perintah cut atau copy paste pada sebuah Sel, Range, Tabel atau Objek-objek tertentu di excel, hasilnya bisa anda atur sesuai kebutuhan.
Misalnya mempaste format bedan rumus excel, mempaste nilainya saja, mempaste formatnya saja, mempaste lebar kolom & sbgainya tergantung kebutuhan anda.
Lalu bagaimana cara menjalankan Copy-Paste atau Cut-Paste pada Excel ini dengan benar?
Tutorial Excel kita kali ini akan membahas secara mndlam mengenai kegiatan Copy atau Cut & Paste data di excel sehingga anda tidak akan sekedar bisa melakukan copy paste atau Cut Paste, namun juga dapat menyalin & menempelkan data atau formula excel dengan tepat & benar sesuai kebutuhan anda.
Windows Clipboard & Office Clipboard
Aktifitas Copy Paste di excel tidak bisa di pisahkan dengan keberadaan Office Clipboard.
Untuk itu sebelum membahas lebih lanjut mengenai perintah atau cara copy paste di Excel dan perintah Cut Paste, perlu anda fahami terlebih dahulu mengenai kedua istilah Windows Clipboard & Office Clipboard.
Windows Clipboard
Clipboard Windows adalah tempat dimana nilai data terakhir atau yg paling baru di-cut atau di-copy disimpan.
Data yg disimpan ini bisa berupa data nilai dari Office Excel atau aplikasi Windows lainnya.
Misalnya, Anda dapat menyalin (Copy) nilai dari browser & menempelkannya ke Ms. Excel, Ms. Word, Notepad, & lain sbgainya.
Office Clipboard
Sama halnya dengan clipboard Windows, Clipboard Office juga hanya menyimpan nilai data terakhir yg disalin(copy) atau dipotong(cut).
Apabila anda membutuhkan Excel untuk mengingat lebih dari satu nilai data, maka klik tombol yg ada disudut kanan bawah pada group TAB HOME--Clipboard.
Dengan menekan tombol tersebut, Clipboard Office akan muncul di sisi kiri layar aplikasi excel anda.
Cobalah untuk menyalin beberapa cell excel yg berbeda, & hasilnya secara otomatis pada data-data sel yg anda salin tadi akan muncul dlm daftar clipboard.
Memunculkan Clipboard Office ini sangat membantu jika anda perlu berulang kali menyalin atau mengcopy data yg sama.
Jika Anda ingin memasukkan salah satu hasil salinan cell tadi, pilih sel dimana anda ingin menempelkan atau menyisipkan data tersebut & klik salah satu data yg ada di daftar clipboard.
Apabila anda menghendaki menempelkan atau mempaste semua nilai atau data pada Office Clipboard sekaligus gunakan atau klik tombol Paste All atau klik Clear All jika Anda menghendaki membersihkan office clipboard.
Cut, Copy & Paste Data Excel
Selanjutnya pada bagian ini kita akan belajar bagaimana cara menjalankan perintah Copy, Cut & Paste data pada Excel.
Cara Copy & Paste data Excel
Ada beberapa cara yg bisa anda lakukan untuk melakukan Copy-Paste data pada excel.
Cara pertama adalah dengan menggunakan tombol perintah COPY & PASTE pada Ribbon Excel yg ada di TAB HOME.
Langkah-langkah copy paste di excel adalah sbgai brkut:
- Aktifkan atau pilih sel/range yg akan di copy
- Klik tombol Copy pada Ribbon
- Pilih di sel mana anda akan menempelkan hasil copyan data tadi
- terakhir klik tombol Paste untuk menempelkan hasil copyan data.
Cara kedua adalah dengan menggunakan shortcut atau papan tombol pada keyboard. Caranya dengan menekan tombol Ctrl + C untuk mengcopy & Ctrl + V untuk mempaste.
Langkah-langkah copy paste di excel dengan cara kedua adalah sbgai brkut:
- Aktifkan atau pilih sel/range yg akan di copy
- Tekan Ctrl + C untuk mengcopy data
- Pilih di sel mana anda akan menempelkan hasil copyan data tadi
- Tekan Ctrl + V untuk menempelkan data
Cara Ketiga adalah dengan menggunakan Mouse secara langsung.
Langkah-langkahnya adalah sbgai brkut:
- Pilih & aktifkan sel atau Range yg akan di copy
- Tekan & tahan tombol Ctrl, kemudian arahkan kursor tepi sel atau range yg dipilih (Biasanya berwarna hijau, sehingga kursor menjadi panah dengan tanda plus di sampingnya.
- Setlah kursor berubah & muncul tanda plus drag kursor ke sel lain dimana anda ingin menyalin atau menempelkannya.
Dengan cara ketiga ini, data yg di copy tidak akan tersimpan di dlm clipboard.
Dari ketiga cara cara copy paste di atas, mana yg sering anda gunakan?
Saya yakin jawabannya adalah Ctrl + C -- Ctrl + V. Iya kan?
Apabila Anda sdh terbiasa dengan cara ke-3, saya kira akan lebih praktis menggunakan cara tersebut jika lokasi paste data yg dicopy berdekatan.
Cara Cut & Paste Data Excel
Secara umum cara untuk melakukan perintah Cut-Paste sebanarnya mirip dengan cara Copy-Paste. Hanya ada sedikit perbedaan sbgaimana penjelasan brkut:
Cara pertama adalah dengan menggunakan tombol perintah CUT & PASTE pada Ribbon Excel yg ada di TAB HOME.
- Pilih sel/range yg akan di-Cut atau di potong
- Klik tombol Cut pada Ribbon
- Pindahkan kursor pada sel lain dimana anda akan memindahkan data tadi
- Klik tombol Paste untuk menempelkan hasil pemindahan data.
Cara kedua adalah dengan menekan tombol Ctrl + X untuk meng-Cut data & Ctrl + V untuk mempaste.
- Pilih sel/range yg akan dipotong atau dipindahkan
- Tekan Ctrl + X pada keyboard untuk mengcut data
- Pilih di sel mana anda akan memindahkan data
- Tekan Ctrl + V untuk menempelkan data
Cara Ketiga yakni dengan menggunakan Mouse(Tetikus). Langkah-langkahnya adalah sbgai brkut:
- Pilih sel atau Range yg akan di-Cut
- Arahkan kursor tepi sel atau range yg dipilih tanpa menahan tombol Ctrl pada keyboard sprti saat mengcopy tadi.
- Setlah kursor berubah tanda panah dilengkapi 4 arah panah hitan, seret kursor ke sel lain dimana anda ingin menempelkan datanya.
Nah, cukup mudah bukan untuk melakukan copy paste data di excel?
Paste Special Pada Excel
Selain menggunakan cara standar sprti yg di jelaskan pada bagian sebelumnya, Excel juga memungkinkan Anda menempelkan atau mempaste data dengan cara yg khusus.
Tidak sprti paste biasa, dengan paste special Anda mendapatkan kontrol lebih besar tentang bagaimana data yg di paste akan disalin.
Untuk menggunakan fitur Paste Special, salin isi sel terpilih & pindahkan kursor ke tempat di mana Anda ingin menempelkannya. Kemudian gunakan klik kanan untuk membuka menu kontekstual.
Arahkan Mouse di atas tombol-tombol menu perintah ini untuk mengetahui nama atau fungsi masing-masing perintah paste Special ini.
Jika paste special tidak muncul & anda sdh yakin se&g mengcopy sebuah sel/range excel coba lihat opsi excel di Tab File--Options--Advanced & pastikan pada kategori Under Cut, copy and paste opsi "Show Paste Options button when content is pasted" tercentang.
Selain klik kanan saat akan mempaste, anda dapat juga menemukan perintah-perintah paste Special pada TAB HOME- Group Clipboard, kemudian klik segitiga kecil dibawah tombol Paste.
Pada bagian yg muncul ini Perintah-perintah Paste Spesial dibagi kedlm 3 bagian: Paste, Paste values, & Other Paste Options.
Paste
Tombol menu perintah-perintah pada bagian ini adalah sbgai brkut:
PERINTAH PASTE | KETERANGAN |
---|---|
Paste (P) | Merupakan metode standar untuk menempelkan data yg memiliki efek yg sama dengan shortcut keyboard Ctrl + V. |
Formulas (F) | Dengan Tombol ini Excel hanya akan mempaste formula sel yg dicopy tanpa mengikutkan pemformatan sel jika ada. |
Formulas & Number Formatting (O) | Dengan metode ini, selain mempaste rumus, excel juga akan mempaste pemformatan angka. Format Angka tidak sama dengan Format Sel |
Keep Source Formatting (K) | Metode Paste ini adalah gabungan dari dua metode paste sebelumnya Plus format Sel juga. |
No Borders (B) | Mempaste semua isi data yg di copy kecuali border atau garis tepinya. |
Keep Source Column Widths (W) | Paste sel sprti metode Keep Source Formatting & juga menyalin lebar kolom. |
Transpose (T) | Metode ini akan mentranspose (mengganti atau membalik) posisi kolom & baris. |
Paste Values
Tombol menu perintah-perintah Paste Spesial pada bagian ini adalah sbgai brkut:
PERINTAH PASTE | KETERANGAN |
---|---|
Values (V) | Excel hanya akan mempaste nilai dari sel yg dicopy. Misal jika sel yg anda copy berisi rumus "=10+20" maka yg dihasilkan dari metode ini adalah mempaste nilai 30. |
Values & Number Formatting (A) | Selain hanya mempaste nilai sel saja, metode ini juga mempaste format angka sel yg dicopy. |
Values & Source Formatting (E) | Metode ini akan mempaste nilai sel bedan format angka & juga format selnya. |
Other Paste Options
Bagian ketiga dari paste Spesial berisi menu perintah-perintah brkut:
PERINTAH PASTE | KETERANGAN |
---|---|
Formatting (R) | Model paste ini mengcopy nilai sel, namun menyalin pemformatannya (background, ukuran, warna font, dll.). |
Paste Link (N) | Metode ini akan mempaste link ke sel yg disalin. Apabila anda menyalin sel A1 ke B1, maka sel B1 akan berisi tautan ke sel A1 (=$A$1). Artinya, bila Anda mengubah isi sel A1, isi sel B2 akan berubah secara otomatis. Dalam kasus ini, format tidak dipaste. |
Picture (U) | Menyalin isi sel dan formatnya & menyimpannya sbgai gambar (picture). |
Linked Picture (I) | Mirip dengan metode sebelumnya, paste ini menyajikan isi sel yg di copy sbgai gambar. Dengan metode paste ini, gambar yg dihasilkan terkait dengan sel yg disalin sehingga jika anda mengubah atau memperbarui sel yg dicopy maka gambar hasil paste tadi juga akan ikut berubah. |
Advanced Paste Special
Selain tombol-tombol yg sdh tersedia pada tiga bagian tersebut, anda juga bisa mengatur hasil paste lebih lanjut dengan memilih menu yg tertulis Paste Special pada bagian bawah menu Paste.
Opsi tersebut akan memunculkan kotak pengaturan Paste Special sprti pada gambar brkut:
Pada kotak dialog ini, Anda akan menemukan fitur-fitur tambahan lain sprti penjumlahan, pengurangan, pembagian atau perkalian saat melakukan paste dari hasil copyan data.
Kotak dialog Paste Special excel ini bisa juga anda tampilkan dengan Shortcut Ctrl + Alt + V.
Sekian dulu pembahasan kita kali ini tentang Cara copy paste dan cara cut paste di excel. Semoga bermanfaat & menambah informasi baru yg bermanfaat untuk anda. Sampai jumpa pada tutorial lainnya. Apabila ada pertanyaan slahkan sampaikan di kolom komentar yg tersedia. Sumber https://www.kelasexcel.id
Belum ada Komentar untuk "Panduan Cara Cut Copy Paste di Excel"
Posting Komentar