Fungsi/Rumus REPLACE, Cara Mengubah Beberapa Karakter Teks di Excel Dengan Teks Lain

 Cara Mengganti Sebagian Karakter Teks di Excel Fungsi/Rumus REPLACE, Cara Mengubah Beberapa Karakter Teks di Excel Dengan Teks Lain

Fungsi Replace Excel


Apakah anda se&g bingung untuk mengubah sebuah teks atau kata tertentu pada excel? Atau barangkali anda ingin menyisipkan kata atau menambahkan kata tertentu pada data teks excel yg sdh ada. Jika benar demikian maka anda se&g membaca tutorial excel yg tepat.

Pada Microsoft Excel, fungsi atau rumus Replace adalah fungsi yg digunakan untuk mengubah atau mengganti sbgaian karakter teks dengan teks lain berdasarkan informasi posisi atau urutannya dlm kalimat dan seberapa banyak karakter yg ingin dirubah atau diganti.

Fungsi ini mirip dengan fungsi SUBSTITUTE yg sdh dibahas sebelumnya.

Jika SUBSTITUTE mengganti teks berdasarkan informasi teks yg Anda berikan, Fungsi REPLACE akan merubah teks lama dengan teks lain berdasarkan informasi posisi karakter & jumlah karakter pada teks yg akan diubah.

Apabila anda hendak mengganti sebuah kata atau teks pada excel, gunakan fungsi REPLACE jika anda tahu dimana posisi dan jumlah karakter teks tersebut. Apabila yg anda ketahui adalah teks yg akan di ubah atau diganti maka gunakan fungsi SUBSTITUTE.

Misal jika anda ingin mengganti kata "saya" dengan "aku" maka gunakan fungsi SUBSTITUTE. Jika hendak mengganti setiap teks mulai karakter ke 10 sebanyak 5 karakter maka gunakan fungsi REPLACE.

Cara Menggunakan Fungsi REPLACE Excel


Cara menggunakan fungsi REPLACE pada rumus excel adalah sbgai brkut:

REPLACE(old_text; start_num; num_chars; new_text)

Keterangan:
Old_text
Adalah adalah teks atau karakter lama yg akan diubah dengan teks lain.
Start_num
Adalah posisi atau urutan karakter pada Old_text yg akan digantikan dengan teks lain.
Num_chars
Adalah jumlah atau banyak karakter pada Old_Text yg akan diubah dengan New_Text.
New_text
Merupakan text lain atau text baru yg akan menggantikan text pada Old_text

Contoh Rumus REPLACE Excel


 Cara Mengganti Sebagian Karakter Teks di Excel Fungsi/Rumus REPLACE, Cara Mengubah Beberapa Karakter Teks di Excel Dengan Teks Lain

Misal di sel A1 terdapat text "Saya & kamu se&g belajar excel". untuk mengganti teks "kamu" dengan anda gunakan rumus excel brkut:

=REPLACE(A1;10;4;"anda")

Pada text A1 diatas teks "kamu" ada diurutan ke-10 dari teks "Saya & kamu se&g belajar excel" & jumlah karakter kamu adalah 4.

Kalau hanya untuk tujuan diatas sebenarnya lebih mudah menggunakan fungsi SUBSTITUTE untuk merubah kata kamu. Contoh ini hanya untuk memahami cara kerja fungsi REPLACE saja.

Untuk mengisi argumen Start_num bisa Anda gunakan fungsi FIND atau SEARCH yg sdh kmi sampaikan pada artikel sebelumnya, contoh rumus excel gabungannya sprti ini:

Misal di A2 terdapat teks "Saya lahir tahun 1945"

=REPLACE(A2;FIND(1945;A2;1);4;"1980")

Hasil rumus diatas adalah: Saya lahir tahun 1980

Bisa juga Anda gunakan Fungsi LEN atau fungsi-fungsi terkait lainnya sesuai kebutuhan.

Contohnya sprti ini:

=REPLACE(A2;1;LEN(A2);"www.kelasexcel.id")

Selain menggunakan rumus excel kita juga bisa memanfaatkan fitur menu Replace untuk mengubah atau mengganti sebuah kata atau teks. Silahkan dibaca panduannya melalui link dibawah ini:
  1. Cara Menggunakan Fitur FIND Excel
  2. Cara Menggunakan Fitur REPLACE Excel

Sumber https://www.kelasexcel.id

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Fungsi/Rumus REPLACE, Cara Mengubah Beberapa Karakter Teks di Excel Dengan Teks Lain"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel