Pengertian Formula/Rumus dan Fungsi Pada Microsoft Excel

Pengenalan Rumus Excel & Fungsi Dalam Microsoft Excel Pengertian Formula/Rumus & Fungsi Pada Microsoft Excel

Sebagaimana yg saya tuliskan sebelumnya pada halaman pengenalan Excel, salah satu hal yg membuat Excel banyak digunakan adalah kelengkapan fitur Formulas & Functions atau dikenal sbgai Rumus Excel & Fungsi Excel dlm bahasa Indonesia.

Formula & fungsi excel ini digunakan untuk membantu kita mempermudah dlm mengerjakan beragam proses perhitungan & pengolahan data di excel.

Lalu apa yg dimaksud dengan formula & fungsi pada microsoft excel? Apa pula perbedaan keduanya?


Pengertian Formula/Rumus Excel


Apa yg dimaksud formula pada microsoft excel?

Secara garis besar yg dimaksud formula atau rumus pada microsoft excel adalah persamaan matematika untuk menghitung nilai-nilai tertentu dengan tujuan untuk mendapatkan hasil yg diharapkan pada microsoft excel.

Rumus Excel(Excel Formula) ini bisa kita gunakan dlm perhitungan yg sederhana hingga yg super kompleks, baik untuk data berupa angka, teks, tanggal, waktu, atau kombinasi dari jenis data-data tersebut.

Mengenai jenis data pada excel ini bisa Anda pelajari lebih lanjut pada bagian brkut: Tipe Data Pada Microsoft Excel.

Yang perlu dicatat bahwa cara menggunakan rumus microsoft excel selalu diawali tanda sama dengan (=). Selain itu dlm sebuah rumus excel bisa melibatkan fungsi excel, referensi, konstanta & umumnya juga melibatkan operator dasar pada microsoft excel.

Sebagai contoh misalnya kita akan menjumlahkan angka 10,20,30 maka formula excelnya adalah:

=10+20+30

Contoh lain jika kita ingin mencari rata-rata dari 10,20,30 maka rumus excelnya adalah:

=(10+20+30)/3

Pada kedua contoh rumus excel di atas, formula excel tersebut menggunakan konstanta(10,20,30,3) dan operator penjumlahan(+) & pembagian(/).

Contoh rumus excel yg melibatkan fungsi excel adalah sbgai brkut:

=SUM(A1:A10)

Contoh rumus excel yg melibatkan referensi cell adalah sbgai brkut:

=A1+A2

Tidak sedikit saya jumpai & memang sdh umum bahwa formula atau rumus excel disama artikan dengan function atau fungsi excel. Padahal seharusnya kedua istilah pada microsoft excel ini memiliki penjelasan yg berbeda.

Setlah mengenalkan tentang rumus atau formula excel brkutnya akan kita jelaskan mengenai maksud function atau fungsi excel.

Pengertian Function/Fungsi Excel


Adapun yg dimaksud fungsi excel secara garis besar adalah preset dari formula yg bertujuan untuk menyederhanakan formula hingga membuat proses perhitungan data menjadi lebih singkat & tentunya relatif lebih mudah untuk dikerjakan.

Fungsi Excel adalah rumus-rumus yg tlah didefinisikan oleh microsoft excel atau dengan kata lain formula siap pakai yg dibuat untuk menyederhanakan perhitungan yg panjang & rumit.

Sebagai contoh, jika kita akan menjumlahkan data berupa angka 10,20,30 maka fungsi yg dapat Anda gunakan adalah fungsi SUM:

=SUM(10;20;30)

Se&gkan untuk mencari rata-rata data tersebut kita gunakan fungsi AVERAGE:

=AVERAGE(10;20;30)

Jika hanya melibatkan tiga angka sbgaimana contoh diatas tentu belum ada perbedaan yg cukup berarti namun coba baygkan jika kita sdh berhadapan dengan ratusan atau bahkan ribuan data. Keberadaan fungsi pada microsoft excel akan benar-benar kita rasakan manfaatnya.

Dari penjelasan di atas apakah Anda sdh dapat membedakan antara fungsi excel (Excel Function) & Rumus Excel (Excel Formula)?

Bagian-bagian Rumus Excel


Cara menggunakan rumus atau formula excel selalu diawali dengan tanda sama dengan (=). Selain itu dlm sebuah rumus atau formula excel dapat terdiri atas satu atau semua dari beberapa hal brkut:
  • Fungsi-fungsi Excel
  • Operator perhitungan
  • Nilai dari angka-angka atau teks secara langsung (konstanta)
  • Referensi alamat suatu sel atau range
  • Nama sel/range

Supaya lebih jelas perhatikan gambar bagian-bagian sebuah rumus excel brkut:

Pengenalan Rumus Excel & Fungsi Dalam Microsoft Excel Pengertian Formula/Rumus & Fungsi Pada Microsoft Excel

  1. SAMA DENGAN(=): Tanda sama dengan atau “=” adalah tanda awal dari penulisan formula atau rumus excel yg harus dituliskan jika kita hendak membuat atau menggunakan formula apapun.
  2. FUNGSI : Fungsi adalah sebuah kode tertentu yg melakukan kalkulasi tertentu di excel berdasarkan susunan argumen yg tlah di tetapkan pada microsoft excel.

    Fungsi bisa digunakan untuk menjalankan perhitungan sederhana atau kompleks. Misalnya fungsi SUM yg adalah sebuah Fungsi excel yg digunakan untuk menjumlahkan data.
  3. REFERENSI: Referensi adalah acuan pada sebuah sel atau range pada lembar kerja, baik pada sheet yg sama maupun sheet yg berbeda. pada contoh di atas misalnya B2:B5 adalah referensi dlm bentuk Range (Kumpulan Cell) se&gkan C2 Merupakan Referensi dlm bentuk sel tunggal.
  4. KONSTANTA: Konstanta adalah nilai yg bukan hasil dari sebuah kalkulasi perhitungan, karena itu nilainya selalu sama atau tidak berubah. Konstanta dapat berbentuk teks maupun angka yg dimasukkan langsung ke rumus, misalnya angka 3
  5. OPERATOR: Operator adalah simbol karakter yg menentukan tipe perhitungan yg ingin anda jalankan pada sebuah rumus excel. Pada contoh diatas yg termasuk operator adalah tanda * (perkalian) & / (pembagian). Untuk lebih jelas tentang operator slahkan baca artikel tentang Operator Perhitungan dlm Rumus Excel.

Sintaksis Fungsi Excel


Penggunaan fungsi microsoft excel pada sebuah rumus excel selalu diikuti dengan tanda kurung "(...)" dimana dlm tanda kurung tersebut kita bisa memasukkan argumen-argument atau data tambahan yg akan dikalkulasi oleh fungsi tersebut.

NAMAFUNGSI(Argument1;Argument2;Argument3;dst...)

Pada argument Tooltips gambar di bawah ada keterangan argument yg diapit kurung siku"[...]". Tanda kurung siku ini menunjukkan bahwa bagian argument tersebut bersifat opsional atau boleh tidak digunakan.

Beberapa fungsi excel, meskipun tidak membutuhkan argument tetap harus menyertakan tanda kurung saat digunakan untuk menyusun sebuah rumus excel misalnya fungsi NOW & TODAY. Misal pada fungsi NOW jika digunakan pada rumus excel maka ditulis "=NOW()".

Supaya lebih jelas perhatikan gambar bagian-bagian struktur fungsi excel brkut:

Pengenalan Rumus Excel & Fungsi Dalam Microsoft Excel Pengertian Formula/Rumus & Fungsi Pada Microsoft Excel

  1. STRUKTUR: Struktur fungsi dimulai dengan tanda sama dengan (=), yg diikuti dengan nama fungsi, tanda kurung buka, argumen untuk fungsi yg dipisahkan oleh titik koma(;) untuk format bahasa Indonesia atau koma(,) untuk format English, & tanda kurung tutup. Struktur Fungsi contoh diatas adalah "=IF(A2=B2;"Sama";"Tidak Sama")".

    Apabila sebuah fungsi excel digunakan tidak pada bagian awal rumus, Tidak perlu menambahkan tanda "=" lagi, cukup 1 sama dengan(=) di awal rumus.
  2. NAMA FUNGSI: Nama Fungsi pada contoh diatas adalah Fungsi IF. Nama fungsi. Untuk daftar fungsi yg ada, klik sel & tekan Shift + F3.
  3. ARGUMEN: Argumen bisa berupa angka, teks, nilai logika sprti TRUE atau FALSE, array, nilai kesalahan sprti #N/A, atau referensi sel. Argumen yg Anda tentukan harus menghasilkan nilai yg valid untuk argumen itu. Argumen juga bisa berupa konstanta, rumus, atau fungsi lainnya. Dan untuk catatan bahwa setiap fungsi memiliki argumen yg berbeda-beda.
  4. ARGUMENT TOOLTIPS: Tooltips atau tips alat dengan sintaks & argumen muncul saat Anda mengetikkan fungsi. Tooltips hanya muncul untuk fungsi bawaan excel.

Jika sebuah fungsi memiliki argument lebih dari satu maka argumen-argument tersebut dipisahkan dengan tanda pemisah berupa koma(,) atau titik koma(;) sesuai pengaturan regional setting komputer yg Anda digunakan.

Tentang bagaimana cara mengatur regional setting & perbedaan apa saja yg dipengaruhinya pada microsoft excel bisa Anda pelajari pada halaman brkut: Pengaturan regional setting & perbedaannya pada microsoft excel.

Dari sedikit penjelasan tentang Fungsi & Formula (Rumus Excel) diatas seringkali saya temui pengguna excel salah atau kurang tepat dlm menggunakan kedua istilah pada excel tersebut. Banyak pengguna excel menyamakan atau lebih tepatnya memakai istilah fungsi sbgai rumus excel.

Contoh bedan penjelasan diatas masih sangat sederhana. Penjelasan lebih lanjut tentang formula & fungsi ini akan saya bahas pada postingan-postingan lain selanjutnya.


Sebelum beranjak jangan lupa Bookmark & share artikel tutorial excel ini dengan tombol yg sdh tersedia di bawah. Salam .
Sumber https://www.kelasexcel.id

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Formula/Rumus dan Fungsi Pada Microsoft Excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel