Fungsi Database (DSUM, DAVERAGE, DMAX, DMIN, DCOUNT, dan DCOUNTA) Pada Excel
Fungsi/Rumus Database Excel - Meskipun fungsi utama office excel bukanlah untuk pengelolaan database, namun bukan berarti excel tidak bisa digunakan untuk keperluan tersebut. Terlebih excel sendiri secara default sdh menyediakan beberapa fungsi database khusus yg dapat dipergunakan untuk pengelolaan sebuah database.
Database sendiri dapat diartikan sbgai sekumpulan data yg sdh disusun sedemikan rupa dengan ketentuan atau aturan tertentu yg saling berelasi/terkait sehingga memudahkan pengguna untuk mengelola & mendapatkan informasi yg diperlukan.
Pada Office Excel database adalah:
sekelompok data pada range data atau rentang sel tertentu yg saling terkait dan tlah disusun sedemikian rupa dimana baris pertama berisi Label untuk masing-masing kolom yg disebut sbgai Field (Bi&g Data) & baris-baris brkutnya biasa disebut sbgai Record (Rekaman data).
Membaca istilah field tentunya sdh tidak asing lagi apabila sebelumnya anda sdh membaca tutorial excel kmi tentang Pivot Table.
Setidaknya ada 12 fungsi yg dikategorikan sbgai Fungsi Database Excel atau sering juga disebut sbgai Fungsi D, fungsi-fungsi excel tersebut antara lain:
- Fungsi DSUM
- Fungsi DAVERAGE
- Fungsi DMAX
- Fungsi DMIN
- Fungsi DCOUNT
- Fungsi DCOUNTA
- Fungsi DGET
- Fungsi DPRODUCT
- Fungsi DSTDEV
- Fungsi DSTDEVP
- Fungsi DVAR
- Fungsi DVARP
Pada tutorial excel kali ini anda akan kmi ajak untuk belajar 6 fungsi Database. Sebagian lainnya akan kita pelejari lain waktu. Fungsi-fungsi excel dimaksud adalah Fungsi DSUM, DAVERAGE, DMAX, DMIN, DCOUNT, & fungsi DCOUNTA.
Cara Menggunakan Fungsi Database Excel
Secara umum cara menggunakan fungsi database excel ini sama yakni menggunakan sintaksis brkut:
NAMA_FUNGSI(Database; Field; Kriteria)
Yang membedakan hanyalah nama fungsi yg akan digunakan untuk mendapatkan hasil tertentu sesuai dengan fungsinya. Kegunaan masing-masing fungsi excel ini akan dijelaskan lebih lanjut pada bagian selanjutnya.
Keterangan Syntax Fungsi Database
Seperti yg bisa anda baca pada cara penggunaan di atas, fungsi Database menggunakan 3 argumen: Database, Field & Kriteria.
- Database: Merupakan range data atau rentang sel yg membentuk sebuah daftar atau database tertentu yg akan kita agregasi hasilnya.
- Field: Menunjukkan Field atau kolom mana yg akan di agregasi atau digunakan oleh fungsi database ini. Argumen ini bisa kita isi dengan Label atau nama field, bisa juga anda isi dengan angka tertentu yg menunjukkan nomor urut posisi field tersebut pada kolom-kolom database dari arah kiri. Misal angka 1 menunjukkan kolom atau field pertama & angka 2 menunjukkan field atau kolom kedua dlm Database.
- Kriteria: Adalah rentang sel atau range data lain yg berisi kriteria atau syarat tertentu yg Anda tentukan sbgai acuan agregasi dlm fungsi database. Kriteria ini setidaknya memuat 2 baris data dimana baris pertama berisi Label data yg sama persis dengan Label field pada database & baris-baris brkutnya adalah acuan kriteria, syarat atau kondisi tertentu yg akan kita terapkan.
Untuk lebih jelasnya mari kita lanjutkan untuk membahas contoh & cara menggunakan masing-masing fungsi Database excel yg sdh saya sebutkan sebelumnya.
Namun sebelum itu perhatikan bahwa dlm pembahasan di bawah ini kmi menggunakan sumber database sbgai brkut. Untuk itu sebaiknya anda juga ikut membuat sample file sprti dibawah ini:
Fungsi DSUM Excel
Fungsi atau Rumus DSUM digunakan untuk mendapatkan jumlah data pada sebuah field database yg memenuhi kriteria tertentu. Secara umum fungsi DSUM kegunaanya identik dengan fungsi SUMIF atau fungsi SUMIFS yg sdh pernah kita bahas sebelumnya & sedikit berbeda dengan fungsi SUM yg digunakan untuk menghitung total penjumlahan tanpa kriteria.
Bagaimana cara menggunakan fungsi DSUM excel ini? Perhatikan & praktekkan contoh rumus DSUM brkut ini.
Cara Menggunakan Fungsi DSUM
Perhatikan contoh database pegawai di atas. Database pegawai tersebut memuat beberapa field, yakni ID, Nama, Kelamin, Tanggal Lahir, Umur & Gaji yg disusun pada range B2:G10.
Dari susunan database di atas, berapakah jumlah total gaji pegawai yg berumur lebih dari 30 tahun?
Untuk mendapatkan jumlah gaji pada database tersebut buatlah terlebih dahulu sebuah range kriteria yg memuat Label "UMUR" & kriteria/syarat yg akan diterapkan. Pada contoh rumus Dsum ini kriteria diletakkan pada range I2:I3.
Adapun Rumus DSUM yg digunakan untuk mendapatkan hasil sesuai kriteria diatas adalah sbgai brkut:
=DSUM(B2:G10;"GAJI";I2:I3)
Fungsi DAVERAGE Excel
Fungsi atau Rumus DAVERAGE digunakan untuk menghitung nilai rata-rata pada sebuah field database yg cocok dengan kondisi atau kriteria tertentu. Rumus DAVERAGE dlm kelompok fungsi statistika mirip dengan fungsi AVERAGEIF atau fungsi AVERGAEIFS yg sdh pernah kita pelajari sebelumnya.
Cara Menggunakan Fungsi DAVERAGE
Dengan sumber database yg sama apabila anda menghendaki rata-rata gaji untuk pegawai laki-laki (L) saja maka Rumus DAVERAGE yg digunakan adalah sprti di bawah ini:
=DAVERAGE(B2:G10;"GAJI";I2:I3)
Pada contoh rumus DAverage diatas I2:I3 menunjukkan range kriteria yg mana pada Sel I2 berisi teks "KELAMIN" sesuai dengan label field jenis kelamin pada database se&gkan I3 berisi teks "L" yg menunjukkan tipe/jenis kelamin pada database yg akan dihitung nilai rata-ratanya.
Fungsi DMAX Excel
Kalau fungsi MAX digunakan untuk mendapatkan nilai nilai maksimum dari sebuah range data secara umum, fungsi DMAX pada excel digunakan menghasilkan nilai angka terbesar field record sebuah database yg sesuai dengan syarat atau kriteria yg anda tentukan.
Cara Menggunakan Fungsi DMAX
Contoh rumus DMax Misalnya digunakan pada database diatas untuk mengetahui usia tertinggi untuk pegawai Laki-laki, rumus DMAX yg digunakan adalah:
=DMAX(B2:G10;"UMUR";I2:I3)
Seperti sebelumnya jangan lupa menyesuaikan range kriteria yg digunakan.
Fungsi DMIN Excel
Kebalikan dari fungsi DMAX, fungsi DMIN pada excel digunakan menghasilkan nilai angka terkecil field record sebuah database yg sesuai dengan syarat atau kriteria yg anda tentukan. Sama dengan fungsi MIN yg digunakan untuk mendapatkan nilai minimum sebuah range angka tanpa kriteria tertentu.
Cara Menggunakan Fungsi DMIN
Misalnya untuk mengetahui pegawai perempuan termuda & tercanti pada databse diatas (ehh tanpa tercantik ya) adalah dengan menggunakan rumus DMIN excel sprti brkut ini:
=DMIN(B2:G10;"UMUR";I2:I3)
Pada contoh rumus DMin di atas nilai umur atau usia pegawai terkecil yg dihasilkan adalah 22 Tahun untuk jenis kelamin wanita.
Fungsi DCOUNT Excel
Mirip dengan fungsi Count yg digunakan untuk menghitung sel-sel dlm range data yg berisi angka, fungsi DCOUNT pada excel juga digunakan untuk menghitung sel yg berisi angka dlm database, tetapi dengan kriteria tertentu. Jadi sebenarnya fungsi ini lebih mirip dengan fungsi Countif atau fungsi countifs dlm kategori fungsi statistik.
Cara Menggunakan Fungsi DCOUNT
Contoh fungsi Dcount excel ini misalnya untuk mengetahui jumlah data pada field umur yg berisi angka untuk pegawai yg mendapatkan gaji diatas 1.500.000 rumus excel yg digunakan adalah:
=DCOUNT(B2:G10;"UMUR";I2:I3)
Fungsi DCOUNTA Excel
Fungsi DCOUNTA pada excel digunakan untuk menghitung jumlah sel yg tidak kosong dlm database yg memenuhi kriteria tertentu yg kita tentukan.
Apabila anda sering menggunakan fungsi COUNTA tentu tidak akan asing lagi dengan fungsi database satu ini.
Cara Menggunakan Fungsi DCOUNTA
Pada database di atas untuk mengetahui jumlah file atau sel-sel pada field "KELAMIN" yg tidak kosong (ada isinya) Dengan syarat bahwa pegawai tersebut mendapatkan gaji di atas 1.500.000 maka rumus DCOUNTA yg bisa digunakan adalah sbgai brkut:
=DCOUNTA(B2:G10;"KELAMIN";I2:I3)
Contoh-contoh pada pembahasan fungsi database di atas masih menggunakan 1 kriteria, barangkali anda kemudian akan bertanya bagaimana jika kriteria yg ingin kita tetapkan lebih dari satu? Untuk pembahasan pneggunaan fungsi Database dengan banyak kriteria akan kita pelajari pada pembahasan brkutnya: Cara Menggunakan Rumus Database Excel Dengan Banyak Kriteria.
Soo tetap dukung "" dengan share artikel-artikel tutorial pada Blog ini sehingga akan lebih banyak kawan-kawan lain yg ikut mendapatkan manfaatnya. Juga dengan cara ketik "KA E EL A ES E Ex CE E El" & kirim ke 95151 ehhh... :) Sumber https://www.kelasexcel.id
Belum ada Komentar untuk "Fungsi Database (DSUM, DAVERAGE, DMAX, DMIN, DCOUNT, dan DCOUNTA) Pada Excel"
Posting Komentar