Cara Menghitung Persentase (%) di Excel

Bagaimanakah cara menghitung persen di excel Cara Menghitung Persentase (%) di Excel

Bagaimanakah cara menghitung persen di excel?

Menghitung persentase atau persen tidak bisa dipisahkan saat mengolah dan menyajikan hasil analisa data. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pengguna atau pembaca data untuk menangkap pesan yg disampaikan oleh hasil analisa data yg disajikan.

Selain itu banyak juga perhitungan pada microsoft excel yg melibatkan rumus persen excel, semisal menghitung bunga bank, menghitung persen diskon, persen komisi & lain sbgainya.

Karena itulah pada pembahasan kali ini kelas excel akan mengajak Anda untuk belajar bagaimana menghitung rumus persentase khususnya dengan microsoft excel.

Persentase atau perseratus adalah adalah sebuah angka atau perbandingan (rasio) untuk menyatakan pecahan dari seratus. Persentase sering ditunjukkan dengan simbol "%". Persentase juga digunakan meskipun bukan unsur ratusan. Bilangan itu kemudian diskalakan agar dapat dibandingkan dengan seratus. (Wikipedia)

Persentase dinyatakan dlm satuan persen atau dlm bahasa Inggris "percent" yg adalah kependekan dari kata per centum yg berarti per seratus.

Bilangan persen dinyatakan dengan lambang satuan %.

Setiap bilangan angka pada dasarnya dapat dinyatakan sbgai rasio perbandingan dengan angka 1. Angka 0,5 misalnya, jika dinyatakan sbgai perbandingan, maka nilainya dapat ditulis sbgai 0,5/1.

Jika angka 0,5 dinyatakan dlm bentuk pecahan per seratus(persen) maka nilainya 50% yg didapatkan dengan mengalikan angka 0,5 dengan 100% atau 100/100.

50% atau 50 persen artinya 50 perseratus yg nilainya sama dengan 50/100 = 0,50/1 = 0,50.

Lalu bagaimana cara menghitung persentase di Excel?


Cara Menampilkan Format Persen(%) di Excel


Bagaimana cara menampilkan format persen(%) di excel?

Sebelum membahas cara menghitung persentase di excel, kita perlu tahu dulu konsep penulisan persen atau cara membuat persen di excel.

Microsoft excel tlah menyediakan fitur untuk merubah sebuah nilai angka yg ada di cell excel ke dlm berbagai macam format angka.

Salah satu format angka tersebut adalah format persentase(Percentage) sbgaimana dijelaskan sebelumnya pada tutorial tentang Custom Number Format Pada Excel

Setidaknya ada 3 cara yg bisa Anda pilih untuk mengubah atau menampilkan sebuah nilai angka pada Microsoft Excel supaya menampilkan lambang bilangan persen. Antara lain:
  1. Mengetikkan langsung lambang satuan % pada cell excel setlah mengetikkan sebuah angka.
  2. Memformat cell excel dengan mengubah style format persen(%) pada Tab Home--Number--Percent(%).

    Bagaimanakah cara menghitung persen di excel Cara Menghitung Persentase (%) di Excel

    Cara ini bisa juga dilakukan dengan Shortcut Ctrl + Shift + %.
  3. Memilih format percentage pada kotak dialog Format Cells.

    Bagaimanakah cara menghitung persen di excel Cara Menghitung Persentase (%) di Excel

Dari ketiga cara tersebut, cara menampilkan persen(%) yg kedua adalah yg lebih lazim digunakan.

Catatan:
  1. Jika angka ditulis setlah cell diformat ke dlm persentase maka angka tersebut akan langsung menjadi bilangan persentase.
  2. Jika angka dimasukkan ke dlm cell terlebih dahulu tanpa lambang %, lalu cell tersebut di format ke dlm style persen maka excel akan otomatis mengalikan angka tersebut dengan bilangan 100 terlebih dahulu.

Cara Menghitung Persentase(%) di Excel


Bagaimana cara menghitung persen?

Sebelum menghitung persen di excel, kita perlu tahu konsep menghitung persentase secara umum.

Untuk dapat mencari atau menghitung persentase setidaknya dibutuhkan 2 Variable.
  1. Nilai yg akan di hitung persentasenya.
  2. Nilai pembanding dari nilai yg akan dihitung persentasenya.

Bagaimanakah cara menghitung persen di excel Cara Menghitung Persentase (%) di Excel

Misal dari 10 soal Test yg diberikan anda bisa menjawab 8 soal dengan benar. berapakah persentase jawaban benar anda?

Maka jawabnya adalah:

8/10 * 100%

Hasilnya adalah 80%. Dimana 8 adalah nilai yg akan dihitung persennya & 10 adalah nilai pembandingnya.

Adapun persentase jawaban salah adalah 20% didapatkan dengan rumus:

2/10 * 100%

Dalam rumus menghitung persentase, setidaknya dikenal 2 tipe rumus persentase, yakni persentase proporsi & persentase perubahan.

Persentase perubahan sendiri ada 2 jenis yakni:
  1. Persentase Kenaikan
  2. Persentase Penurunan

Menghitung Persentase Proporsi


Proporsi adalah pecahan yg pembilangnya adalah bagian dari penyebutnya.

Dengan kata lain persentase proporsi menghitung persentase dari sebuah variabel dengan membandingkan variabel tersebut dengan pembandingnya yg mana varibale tersebut adalah bagian dari variable pembanding tersebut.

Contohnya kasusnya begini:

Semisal pada tahun ajaran baru ada 200 siswa yg mendaftar. Dari 200 siswa pendaftar tersebut 80 siswa adalah laki-laki & sisanya 120 siswa adalah perempuan.

  • Berapakah persentase siswa laki-laki dari seluruh pendaftar?
  • Berapakah persentase siswa laki-laki dari seluruh pendaftar?

Untuk menghitung persentase tersebut mengikuti rumus matematika brkut:

Bagaimanakah cara menghitung persen di excel Cara Menghitung Persentase (%) di Excel

Dengan mengacu rumus matematika diatas cara menghitung persentase di excel adalah sbgai brkut:

Bagaimanakah cara menghitung persen di excel Cara Menghitung Persentase (%) di Excel

Sebenarnya untuk melakukan perhitungan persentase pada microsoft excel, anda tidak perlu mengalikan dengan angka 100% karena saat anda merubah format ke dlm style persen (%), excel secara otomatis akan mengalikan hasil perhitungan dengan 100%. Sehingga dengan menggunakan rumus excel sprti dibawah ini akan menghasilkan nilai persentase yg sama dengan rumus excel sebelumnya.

Bagaimanakah cara menghitung persen di excel Cara Menghitung Persentase (%) di Excel

Catatan: Rubah format pada kolom C menjadi style persen (%)

Menghitung Persentase Perubahan


Dalam matematika, persentase perubahan digunakan untuk menunjukkan selisih atau perbedaan antara nilai sebelum & nilai sesdh dlm bentuk persen nilai sebelum.

Secara matematis menghitung persentase perubahan ini mengikuti kaidah rumus brkut:

Bagaimanakah cara menghitung persen di excel Cara Menghitung Persentase (%) di Excel

Perhatikan contoh rumus menghitung persentase selisih atau persentase perubahan di excel brkut:

Bagaimanakah cara menghitung persen di excel Cara Menghitung Persentase (%) di Excel

Tuliskan rumus excel brkut pada cell C3 lalu copy paste ke bawah:

=(B3-B2)/B2

B3 adalah nilai baru se&gkan B2 adalah nilai awal (lama). B3-B2 digunakan untuk mencari nilai perubahan atau selisih data lama & data yg baru.

Dari hasil rumus persentase diatas bisa kita lihat bahwa pada bulan Januari tidak ada perubahan pendapatan (0%) dimana pada kedua bulan tersebut sama-sama menghasilkan pendapatan Rp.500.000.

Pada bulan Februari jika dibandingkan dengan bulan Januari didapatkan peningkatan penghasilan dari Rp.500.000 menjadi Rp.750.000. Artinya ada kenaikan 50% dari bulan sebelumnya atau senilai Rp.250.000.

Se&gkan pada bulan Maret nilai pendapatan turun dari Rp.750.000 pada bulan Februari menjadi hanya Rp.350.000 atau -50% dari bulan sebelumnya.

Contoh semacam inilah yg dimaksud dengan persentase perubahan dimana nilai yg dibandingkan bukan bagian nilai pembandingnya. Artinya Pendapatan bulan Januari misalnya bukan akumulasi dari pendapatan bulan sebelumnya. Berbeda dengan contoh menghitung persentase proporsi sebelumnya dimana nilai yg dibandingkan (Jumlah laki-laki/perempuan) adalah bagian dari nilai pembanding yakni julah keseluruhan siswa baru.

Note:
  1. Nilai persen 0 menunjukkan bahwa nilai tersebut tidak mengalami perubahan dari nilai lama.
  2. Nilai persen positif(+) menunjukkan ada peningkatan/perubahan naik dari nilai sebelumnya.
  3. Nilai persen negatif(-) menunjukkan ada penurunan/perubahan turun dari nilai sebelumnya.

Selanjutnya akan kasih contoh lain tentang pesentase perubahan jenis kenaikan & penurunan.

Menghitung Persentase Perubahan Kenaikan


Persentase perubahan kenaikan menunjukkan seberapa besar persen penambahan nilai lama dibandingkan dengan nilai lama. Nilai penambahan didapatkan dengan mengurangi nilai baru dengan nilai lama.

Secara matematis rumus perhitungannya adalah sbgai brkut:

Bagaimanakah cara menghitung persen di excel Cara Menghitung Persentase (%) di Excel

Contoh rumus perhitungan persentase kenaikan pada excel adalah sbgai brkut:

Bagaimanakah cara menghitung persen di excel Cara Menghitung Persentase (%) di Excel

Tuliskan rumus excel brkut pada cell C3 lalu copy paste ke bawah:

=(B3-B2)/B2

Menghitung Persentase Perubahan Penurunan


Persentase perubahan penurunan menunjukkan seberapa besar persen penurunan nilai lama dibandingkan dengan nilai lama. Nilai perubahan didapatkan dengan mengurangi nilai lama dengan nilai baru.

Secara matematis rumus perhitungan persennya adalah sbgai brkut:

Bagaimanakah cara menghitung persen di excel Cara Menghitung Persentase (%) di Excel

Contoh perhitungan persentase penurunan dengan rumus excel adalah sbgai brkut:

Bagaimanakah cara menghitung persen di excel Cara Menghitung Persentase (%) di Excel

Tuliskan rumus excel brkut pada cell C3 lalu copy paste ke bawah:

=(B2-B3)/B2

Pada persentase perubahan, nilai minus sebenarnya juga menunjukkan persentase perubahan penurunan.

Semoga penjelasan ini bisa menjawab permasalahan anda tentang bagaimana cara menghitung persentase di excel.

Jika ada pertanyaan, saran atau kritik, silakan tulis di kotak komentar di bawah ini. Serta bagikan tulisan ini di akun sosial media Anda supaya teman-teman Anda juga bisa mendapatkan manfaat yg sama.

Untuk request tutorial excel slahkan kirimkan email yg tersedia di laman kontak kmi.
Sumber https://www.kelasexcel.id

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Menghitung Persentase (%) di Excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel