Rumus VLookup Dengan 2 Hasil Pencarian Atau Lebih Pada Microsoft Excel
Jika anda sdh biasa menggunakan Rumus VLookup & Hlookup tentu sdh maklum bahwa Fungsi VLookup maupun HLookup hanya bisa menghasilkan 1 hasil pencarian dari sebuah tabel data, yakni sesuai data pertama yg ditemukan oleh Fungsi VLookup atau HLookup.
Jika kita ingin mendapatkan hasil pencarian kedua, ketiga & seterusnya atau vlookup data yg sama bagaimana rumus excelnya?
Untuk lebih memahami maksud hasil pencarian VLookup kedua, ketiga & seterusnya slahkan perhatikan contoh gambar brkut:
Dari contoh gambar di atas, kita ingin saat melakukan Lookup atau pencarian menggunakan fungsi VLookup untuk nama "Budi" Pada Tabel 1 maka setiap data dengan nama "Budi" bisa masuk ke Tabel ke-2.
Untuk pemecahan kasus soal Vlookup dengan 2 hasil semacam ini ada beberapa cara & rumus excel yg bisa kita gunakan.
Untuk pemecahan kasus semacam ini setidaknya ada tiga cara atau rumus yg bisa kita gunakan. Cara pertama tetap menggunakan fungsi VLookup excel. Cara kedua adalah dengan menggunakan rumus array gabungan fungsi INDEX-IF-SMALL. Dan cara ketiga adalah dengan memanfaatkan fitur advanced filter pada microsoft excel.
Pada kesempatan ini akan kita bahas cara pertama & kedua saja. Adapun cara ketiga meskipun tidak khusus membahas kasus semacam ini bisa anda pelajari pada laman brkut: Menampilkan Hasil Advanced Filter di Sheet Lain.
Selanjutnya mari kita belajar rumus excel untuk pemecahan kasus ini.
Cara Mencari Data Yang Sama di Excel Dengan VLOOKUP
Bagaimana cara mencari data yg sama di excel dengan vlookup atau cara menghasilkan 2 Hasil pencarian data dengan Rumus Vlookup?
Sebenarnya Fungsi VLookup tidak dapat menampilkan 2 hasil pencarian, namun dengan trik tertentu hal ini menjadi mungkin dilakukan dengan fungsi VLookup. Namun sebelum itu, tentunya syarat pertama anda harus tahu dulu bagaimana menggunakan fungsi VLookup pada microsoft excel.
Untuk panduan rumus excel VLookup bisa anda pelajari pada bagian brkut: Cara menggunakan rumus excel Vlookup.
Jika ingin Vlookup mendapatkan 2 hasil atau lebih dari pencarian data maka kita butuh untuk membuat kolom dummy atau kolom bantu.
Langkah-langkah yg perlu kita lakukan adalah sbgai brkut:
Buatlah satu kolom bantu disebelah kiri tabel pertama. Kemudian gunakan rumus excel sprti brkut ini lalu copy-paste ke bawah:
=C3&COUNTIF($C$3:C3;C3)
Rumus diatas digunakan untuk menambahkan counter untuk setiap data yg ada pada kolom nama sehingga data tersebut menjadi unik/tidak ganda lagi pada kolom dummy (bantu).
Perhatikan bahwa pada fungsi countif ini kita menggunakan referensi semi absolut.
Setlah membuat kolom bantu di atas buat juga kolom bantu di sebelah kiri tabel kedua. Pada baris pertama kolom tabel tersebut masukkan rumus excel sprti dibawah ini, kemudian copy-paste ke sel lain dibawahnya sebanyak yg anda butuhkan:
=$H$2&G4
Sehingga hasilnya akan sprti contoh gambar di bawah ini:
Kolom inilah yg akan kita gunakan sbgai kunci pencarian untuk fungsi VLookup.
Kebetulan pada contoh ini ada kolom NO. yg bisa kita manfaatkan untuk menyusun counter nama, jika tidak ada anda bisa memanfaatkan fungsi ROW untuk mengisi kolom bantu ini. Sehingga rumus excel alternatif yg bisa anda gunakan adalah sebagi brkut:
=$H$2&ROW()-3
Atau
=$H$2&ROW(A1)
Ketiga rumus terakhir ini akan menghasilkan nilai yg sama pada kolom bantu. Jadi terserah rumus yg mana yg anda pilih. Intinya buat kolom bantu dengan counter 1,2,3 & seterusnya sampai kemungkinan maksimal banyaknya data yg mungkin akan ditemukan oleh Vlookup.
Setlah dua kolom bantu di atas selesai anda buat maka tahap persiapan sdh cukup, brkutnya anda tinggal menerapkan rumus Vlookup sprti biasanya.
Pada baris pertama kolom setoran gunakan rumus VLookup sprti ini:
=VLOOKUP(F4;$A$2:$D$12;4;FALSE)
Kemudian kopi paste kebawah.
Jika hanya ada tiga data pada tabel maka untuk baris ke-4 & seterusnya akan menghasilkan nilai error #NA. Untuk menghilangkan nilai error #NA ini tambahkan fungsi IFERROR pada rumus di atas sehingga hasil akhirnya sprti brkut:
=IFERROR(VLOOKUP(F4;$A$2:$D$12;4;FALSE);"")
Untuk kolom Nama pada Tabel2, dengan sedikit penyesuaian anda bisa menggunakan rumus VLookup yg sama sprti apda contoh gambar di bawah:
Untuk selanjutnya anda bisa menyembunyiikan 2 kolom bantu di atas, agar Tabel data terlihat lebih bagus.
Pada kasus Vlookup ini, jika tidak menghendaki kolom bantu, adakah cara lainnya?
2 Hasil Pencarian Dengan Rumus INDEX-IF-SMALL Excel
Dengan cara VLookup, anda harus menggunakan kolom dummy agar untuk mendapatkan 2 hasil pencarian atau lebih. Jika tidak menghendaki a&ya kolom bantu anda bisa menggunakan rumus array gabungan INDEX-IF-SMALL brkut ini.
=IFERROR(INDEX($D$3:$D$12; SMALL(IF($C$3:$C$12=$H$2; ROW($C$3:$C$12)-ROW($C$2)); ROW(A1)));"")
Akhiri penulisan rumus di atas dengan menekan Ctrl + Shift + Enter.
Tanda {...} tidak ditulis manual, melainkan hasil otomatis setlah anda tekan Ctrl + Shift + Enter secara bersama-sama setlah menuliskan rumus di atas.
Sesuaikan Array/referensi Index rumus pada baris pertama kolom nama pada Tabel 2 sprti brkut:
=IFERROR(INDEX($C$3:$C$12; SMALL(IF($C$3:$C$12=$H$2; ROW($C$3:$C$12)-ROW($C$2)); ROW(A1)));"")
Penjelasan untuk rumus ini akan saya bahas lain waktu.
Sebagai penutup tutorial rumus excel kali ini, jangan ragu untuk share tutorial excel ini agar lebih banyak yg bisa mengambil manfaatnya. Salam .
Sumber https://www.kelasexcel.id
Belum ada Komentar untuk "Rumus VLookup Dengan 2 Hasil Pencarian Atau Lebih Pada Microsoft Excel"
Posting Komentar