Rumus NOT Excel, Contoh dan Cara Menggunakan Fungsi NOT Pada Excel
Pengertian Fungsi NOT Excel
Pada microsoft excel Fungsi NOT digunakan untuk membalikkan nilai argument. Jika logika yg diuji menghasilkan nilai FALSE, maka rumus NOT akan menghasilkan nilai TRUE & jika logika yg diuji menghasilkan nilai TRUE, maka rumus NOT menghasilkan nilai logika FALSE.
Jika sebelumnya anda sdh mempelajari tentang penggunaan fungsi AND & fungsi OR, maka memahami cara menggunakan fungsi NOT pada sebuah rumus excel ini akan melengkapi kedua fungsi tersebut.
Fungsi AND akan menghasilkan nilai true jika semua argument bernilai benar. Fungsi OR akan menghasilkan nilai true jika salah satu argument bernilai true/benar. Se&gkan Fungsi NOT berfungsi mengubah nilai TRUE menjadi FALSE & FALSE menjadi TRUE.
Cara Menggunakan Fungsi NOT Excel
Berikut cara menggunakan fungsi NOT excel:
NOT(logical)
Argumen Logical pada fungsi NOT Excel di atas adalah Nilai atau ekspresi logika yg bisa dievaluasi menjadi nilai TRUE atau FALSE.
Contoh Rumus NOT Excel
Perhatikan contoh brkut dlm menggunakan fungsi NOT ke dlm rumus excel
KETERANGAN :
- Kebalikan dari TRUE adalah FALSE
- Kebalikan dari FALSE adalah TRUE
- Nilai logika 1=2 adalah FALSE, NOT membalikkan nilai FALSE menjadi TRUE
- Nilai logika 2-1=1 adalah TRUE, NOT membalikkan nilai TRUE menjadi FALSE. Karena nilai yg diuji FALSE makan Fungsi IF menghasilkan "SALAH"
Setlah belajar memahami cara menggunakan fungsi NOT dlm rumus excel ini, slahkan membaca juga tentang perbedaan Fungsi OR & fungsi AND. Sumber https://www.kelasexcel.id
Belum ada Komentar untuk "Rumus NOT Excel, Contoh dan Cara Menggunakan Fungsi NOT Pada Excel"
Posting Komentar