Rumus INDEX Excel, Contoh dan Cara Menggunakan Fungsi Index di Excel

 pada Excel digunakan untuk mendapatkan nilai atau referensi ke sebuah nilai pada sebuah t Rumus INDEX Excel, Contoh & Cara Menggunakan Fungsi Index di Excel

Di dlm Microsoft Excel, Fungsi INDEX termasuk dlm kategori Lookup and Reference atau fungsi pencarian & referensi. Kategori ini sama dengan Fungsi Lookup, Hlookup & Vlookup yg sdh kita bahas sebelumnya.


Pengertian Fungsi INDEX Excel


Fungsi INDEX pada Excel digunakan untuk mendapatkan nilai atau referensi ke sebuah nilai pada sebuah tabel atau rentang.

Dengan kata lain untuk mendapatkan nilai dari suatu sel berdasarkan pencarian pada table/range data pada worksheet kita. Pencarian dengan fungsi INDEX pada rumus excel ini berdasarkan informasi posisi kolom & baris, dengan acuan berupa kolom & baris pertama table/range data tertentu.

Jika disederhanakan lagi fungsi INDEX digunakan untuk mendapatkan nilai suatu sel berdasarkan nilai kolom & baris tertentu.

Cara Menggunakan Fungsi INDEX Excel


Fungsi INDEX memiliki dua jenis sintaksis atau cara penggunaaan sbgai brkut:

Sintaksis fungsi INDEX 1


INDEX(array; Nomor_Baris; [Nomor_Kolom])

Argumen dari sintaks pertama fungsi INDEX ini adalah:
  • Array: Diperlukan. Sebuah range data atau konstanta array.
    1. Jika array hanya berisi satu baris atau kolom, maka argumen Nomor_Baris atau Nomor_Kolom terkait opsional.
    2. Jika array memiliki lebih dari satu baris & lebih dari satu kolom, & hanya Nomor_Baris atau Nomor_Kolom saja yg digunakan, maka INDEX mengembalikan barisan seluruh baris atau kolom dlm array.
  • Nomor_Baris: Diperlukan. Memilih baris di dlm array yg mengembalikan nilai. Jika Nomor_Baris dikosongkan, maka Nomor_Kolom diperlukan.
  • Nomor_Kolom: Opsional. Memilih kolom di dlm array yg mengembalikan nilai. Jika Nomor_Kolom dikosongkan, maka Nomor_Baris diperlukan.

Catatan:
  • Jika argumen Nomor_Baris & Nomor_Kolom digunakan, maka INDEX mengembalikan nilai di dlm sel di irisan Nomor_Baris & Nomor_Kolom.
  • Jika Anda menentukan Nomor_Baris atau Nomor_Kolom sbgai 0 (nol), maka INDEX mengembalikan barisan nilai untuk masing-masing kolom atau baris secara keseluruhan.
  • Untuk menggunakan nilai-nilai yg dikembalikan sbgai array, masukkan fungsi INDEX sbgai rumus array di dlm rentang sel horizontal untuk baris, & di dlm rentang sel vertikal untuk kolom. Untuk memasukkan rumus array, tekan tombol Ctrl + Shift + Enter.
  • Nomor_Baris & Nomor_Kolom harus merujuk ke sebuah sel di dlm array. Jika tidak, INDEX mengembalikan nilai kesalahan #REF!

Sintaksis fungsi INDEX 2


INDEX(reference; Nomor_Baris; [Nomor_Kolom]; [Nomor_Area])

Argumen dari sintaks ke-2 fungsi INDEX ini adalah :
  • Reference: Diperlukan. Referensi ke satu atau lebih rentang sel.
    1. Jika Anda memasukkan rentang yg tidak berdekatan untuk referensi, maka dankan referensi di dlm kurung.
    2. Jika setiap area di dlm referensi hanya berisi satu baris atau kolom, maka argumen Nomor_Baris atau Nomor_Kolom, secara berurutan, opsional. Misalnya, untuk referensi baris tunggal, gunakan INDEX(reference,,Nomor_Kolom).
  • Nomor_Baris: Diperlukan. Nomor baris di dlm referensi yg mengembalikan nilai.
  • Nomor_Kolom: Opsional. Nomor baris di dlm referensi yg mengembalikan nilai.
  • Nomor_Area: Opsional. Memilih rentang di dlm referensi yg mengembalikan irisan Nomor_Baris & Nomor_Kolom. Area pertama yg dipilih atau dimasukkan diberi nomor 1, yg kedua 2, & seterusnya. Jika Nomor_Area dikosongkan, maka INDEX menggunakan area 1.

Catatan :
  • Setlah Referensi & Nomor_Area memilih rentang tertentu, Nomor_Baris & Nomor_Kolom memilih sel tertentu: Nomor_Baris 1 adalah baris pertama di dlm rentang, Nomor_Kolom 1 adalah kolom pertama, & seterusnya.

    Referensi yg dikembalikan oleh INDEX adalah irisan Nomor_Baris & Nomor_Kolom.
  • Jika Anda menentukan Nomor_Baris atau Nomor_Kolom sbgai 0 (nol), maka INDEX mengembalikan referensi untuk masing-masing kolom atau baris secara keseluruhan.
  • Nomor_Baris, Nomor_Kolom & Nomor_Area harus menunjuk ke sebuah sel di dlm referensi; kalau tidak, maka INDEX mengembalikan nilai kesalahan #REF! Jika Nomor_Baris & Nomor_Kolom dikosongkan, maka INDEX mengembalikan area di dlm referensi yg ditentukan oleh Nomor_Area.
  • Hasil fungsi INDEX adalah referensi & diterjemahkan sprti itu oleh rumus lain. Tergantung rumusnya, nilai yg dikembalikan INDEX dapat digunakan baik sbgai referensi atau sbgai nilai.

    Misalnya, rumus CELL("width",INDEX(A1:B2,1,2)) sama dengan CELL("width",B1). Fungsi CELL digunakan untuk mengembalikan nilai INDEX sbgai referensi sel. Sebaliknya, rumus sprti 2*INDEX(A1:B2,1,2) menerjemahkan nilai yg dikembalikan INDEX menjadi nomor di sel B1.

Contoh Rumus INDEX Excel


Untuk contoh-contoh penerapan fungsi INDEX Excel sederhana perhatikan gambar dibawah ini.

Contoh Untuk Sintaksis Pertama


 pada Excel digunakan untuk mendapatkan nilai atau referensi ke sebuah nilai pada sebuah t Rumus INDEX Excel, Contoh & Cara Menggunakan Fungsi Index di Excel

Contoh Untuk Sintaksis Kedua


 pada Excel digunakan untuk mendapatkan nilai atau referensi ke sebuah nilai pada sebuah t Rumus INDEX Excel, Contoh & Cara Menggunakan Fungsi Index di Excel

Download File Contoh Rumus INDEX Excel


Untuk lebih memahami bagaimana cara menggunakan rumus Index ini, slahkan download file contoh fungsi INDEX di bawah ini.

Dropbox
GDrive

*Jika link mati / tidak dapat diakses slahkan lapor via kontak yg tersedia

LINK DOWNLOAD TERKUNCI.
Silahkan SHARE untuk membuka kunci!


Penerapan fungsi INDEX pada rumus excel seringkali digabungkan dengan fungsi atau rumus match. Untuk tutorialnya bisa anda pelajari pada laman brkut: Rumus Excel Index-Match, Alternatif Pengganti VLOOKUP

Untuk lebih memahami bagaimana fungsi INDEX excel ini digunakan slahkan kembangkan kreatifitas anda utnuk diterapkan dlm rumus-rumus excel. Jika ada masalah slahkan tinggalkan komentar dibagian bawah postingan ini. smoga bermanfaat.
Sumber https://www.kelasexcel.id

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Rumus INDEX Excel, Contoh dan Cara Menggunakan Fungsi Index di Excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel