Rumus INDEX Excel, Contoh dan Cara Menggunakan Fungsi Index di Excel
Di dlm Microsoft Excel, Fungsi INDEX termasuk dlm kategori Lookup and Reference atau fungsi pencarian & referensi. Kategori ini sama dengan Fungsi Lookup, Hlookup & Vlookup yg sdh kita bahas sebelumnya.
Pengertian Fungsi INDEX Excel
Fungsi INDEX pada Excel digunakan untuk mendapatkan nilai atau referensi ke sebuah nilai pada sebuah tabel atau rentang.
Dengan kata lain untuk mendapatkan nilai dari suatu sel berdasarkan pencarian pada table/range data pada worksheet kita. Pencarian dengan fungsi INDEX pada rumus excel ini berdasarkan informasi posisi kolom & baris, dengan acuan berupa kolom & baris pertama table/range data tertentu.
Jika disederhanakan lagi fungsi INDEX digunakan untuk mendapatkan nilai suatu sel berdasarkan nilai kolom & baris tertentu.
Cara Menggunakan Fungsi INDEX Excel
Fungsi INDEX memiliki dua jenis sintaksis atau cara penggunaaan sbgai brkut:
Sintaksis fungsi INDEX 1
INDEX(array; Nomor_Baris; [Nomor_Kolom])
Argumen dari sintaks pertama fungsi INDEX ini adalah:
- Array: Diperlukan. Sebuah range data atau konstanta array.
- Jika array hanya berisi satu baris atau kolom, maka argumen Nomor_Baris atau Nomor_Kolom terkait opsional.
- Jika array memiliki lebih dari satu baris & lebih dari satu kolom, & hanya Nomor_Baris atau Nomor_Kolom saja yg digunakan, maka INDEX mengembalikan barisan seluruh baris atau kolom dlm array.
- Nomor_Baris: Diperlukan. Memilih baris di dlm array yg mengembalikan nilai. Jika Nomor_Baris dikosongkan, maka Nomor_Kolom diperlukan.
- Nomor_Kolom: Opsional. Memilih kolom di dlm array yg mengembalikan nilai. Jika Nomor_Kolom dikosongkan, maka Nomor_Baris diperlukan.
Sintaksis fungsi INDEX 2
INDEX(reference; Nomor_Baris; [Nomor_Kolom]; [Nomor_Area])
Argumen dari sintaks ke-2 fungsi INDEX ini adalah :
- Reference: Diperlukan. Referensi ke satu atau lebih rentang sel.
- Jika Anda memasukkan rentang yg tidak berdekatan untuk referensi, maka dankan referensi di dlm kurung.
- Jika setiap area di dlm referensi hanya berisi satu baris atau kolom, maka argumen Nomor_Baris atau Nomor_Kolom, secara berurutan, opsional. Misalnya, untuk referensi baris tunggal, gunakan INDEX(reference,,Nomor_Kolom).
- Nomor_Baris: Diperlukan. Nomor baris di dlm referensi yg mengembalikan nilai.
- Nomor_Kolom: Opsional. Nomor baris di dlm referensi yg mengembalikan nilai.
- Nomor_Area: Opsional. Memilih rentang di dlm referensi yg mengembalikan irisan Nomor_Baris & Nomor_Kolom. Area pertama yg dipilih atau dimasukkan diberi nomor 1, yg kedua 2, & seterusnya. Jika Nomor_Area dikosongkan, maka INDEX menggunakan area 1.
Contoh Rumus INDEX Excel
Untuk contoh-contoh penerapan fungsi INDEX Excel sederhana perhatikan gambar dibawah ini.
Contoh Untuk Sintaksis Pertama
Contoh Untuk Sintaksis Kedua
Download File Contoh Rumus INDEX Excel
Untuk lebih memahami bagaimana cara menggunakan rumus Index ini, slahkan download file contoh fungsi INDEX di bawah ini.
LINK DOWNLOAD TERKUNCI.
Silahkan SHARE untuk membuka kunci!
Untuk lebih memahami bagaimana fungsi INDEX excel ini digunakan slahkan kembangkan kreatifitas anda utnuk diterapkan dlm rumus-rumus excel. Jika ada masalah slahkan tinggalkan komentar dibagian bawah postingan ini. smoga bermanfaat. Sumber https://www.kelasexcel.id
Belum ada Komentar untuk "Rumus INDEX Excel, Contoh dan Cara Menggunakan Fungsi Index di Excel"
Posting Komentar