Fungsi WORKDAY, Cara Menentukan Tanggal Selesai Kerja di Excel

 Rumus Menentukan Tanggal Selesai Kerja di Excel Fungsi WORKDAY, Cara Menentukan Tanggal Selesai Kerja di Excel

Rumus WORKDAY Excel - Setlah belajar tentang cara menentukan jumlah hari kerja menggunakan fungsi excel NETWORKDAYS, kali ini kita akan belajar tentang cara menentukan tanggal selesai kerja.

Sebenarnya untuk mengetahui tanggal akhir atau tanggal selesai kerja, kita bisa saja menambahkan tanggal mulai kerja dengan jumlah lama kerja dlm satuan hari.

Hanya saja jika penghitungan masa akhir kerja ini mengecualikan akhir pekan atau pada hari Sabtu & Minggu para pekerja libur, maka kita akan sedikit dipusingkan untuk menentukan jumlah hari akhir pekan (sabtu & Minggu) selama masa kerja tersebut.

Belum lagi jika dlm masa kerja ini juga terdapat beberapa kali hari libur kerja selain akhir pekan.

Untuk menentukan tanggal selesai kerja ini, microsoft excel menyediakan fungsi WORKDAY.

Pada microsoft excel fungsi Workday adalah kebalikan dari fungsi Networkdays. Jika fungsi Networkdays menghasilkan jumlah hari kerja dlm rentang tanggal tertentu, maka fungsi Workday menghasilkan tanggal selesainya pekerjaan.

Jika pada fungsi Networkday parameter utama adalah tanggal selesainya pekerjaan, pada fungsi Workday parameter utama yg digunakan adalah lamanya pekerjaan dlm satuan hari.

Untuk satuan bulan bisa anda pertimbangkan untuk menggunakan fungsi Fungsi Edate atau Eomonth.

Pada rumus Workday, libur akhir pekan selalu hari Sabtu & Minggu. Jika anda menggunakan microsoft excel 2010 ke atas, untuk parameter akhir pekan ini bisa juga di atur lebih detail jika anda menggunakan fungsi WORKDAY.INTL yg memiliki fungsi yg sama.


Agar lebih jelas mari kita bahas lebih lanjut tentang cara menggunakan fungsi Workday & Workday.Intl bedan contoh penggunaannya.

Fungsi WORKDAY Excel


Fungsi Excel WORKDAY digunakan untuk untuk menghasilkan nomor seri tanggal sebelum atau sesdh sejumlah hari kerja yg ditentukan dengan mengecualikan akhir pekan dan tanggal-tanggal lain yg ditentukan sbgai hari libur kerja.

Saat menggunakan rumus workday yg dimaksud akhir pekan adalah hari Sabtu & Minggu. Jika anda bermaksud menetapkan hari lainnya sbgai hari libur kerja maka gunakan rumus Workday.Intl yg tersedia pada microsoft excel 2010 ke atas.

Apabila anda tidak ingin mengabaikan hari akhir pekan & libur lainnya anda bisa langsung menjumlahkan tanggal mulai kerja dengan lama kerja dlm satuan hari. Jika lama kerja dlm satuan bulan anda bisa juga menggunakan fungsi Edate.

Cara Menggunakan Rumus Workday


Untuk menggunakan fungsi Workday pada rumus excel, sintaks atau cara penulisannya adalah sbgai brkut:

WORKDAY(Tanggal_Awal;Jumlah_Hari; [Hari_Libur])

  • Tanggal_Awal diisi dengan tanggal mulai kerja yg akan dihitung.
  • Jumlah_Hari diisi jumlah lamanya hari pekerjaan diselesaikan.
  • [Hari_Libur] adalah range data atau konstanta array yg berisi nilai tanggal yg menunjukkan nomor seri tanggal yg akan dikecualikan sbgai hari masuk kerja. Argument ini bersifat opsional jadi boleh dikosongkan jika memang tidak ada tanggal-tanggal libur kerja yg akan diabaikan.

Contoh Penggunaan Rumus Workday


Untuk contoh penggunaan rumus Workday pada excel slahkan perhatikan gambar brkut:

 Rumus Menentukan Tanggal Selesai Kerja di Excel Fungsi WORKDAY, Cara Menentukan Tanggal Selesai Kerja di Excel

=WORKDAY(C2;D2)

Pada contoh pertama rumus excel di atas, Fungsi Workday digunakan untuk mengetahui tanggal selesai kerja, dimana awal mulainya kerja adalah pada tanggal 3 April 2017 dengan lama kerja adalah 15 hari.

Pada rumus ini jika anda langsung menambahkan tanggal dengan jumlah hari kerja, maka seharusnya tanggal selesainya pekerjaan adalah pada tanggal 28 April 2017. Pada rumus Workday hari Sabtu & Minggu tidak ikut dihitung sbgai hari kerja efektif, sehingga tanggal selesainya pekerjaan ini adalah pada tanggal 28 April 2017.

=WORKDAY(C3;D3;A2:A4)

Pada rumus kedua ini, selain mengabaikan hari Sabtu & Minggu, kita juga mengikutkan hari libur lain yakni yg ada pada range A2:A4, sehingga 15 hari kerja setlah tanggal 3 April 2017 adalah tanggal 26 April 2017.

Pada rumus ke-3 & ke-4 :

=WORKDAY(C4;D4)

=WORKDAY(C5;D5;A2:A4)

Berlaku juga cara penghitungan tanggal sprti sebelumnya, hanya saja pada kedua rumus excel ini nilai argumen Jumlah_Hari kita isi dengan angka minus atau kurang dari 0 sehingga tanggal dihitung mundur ke belakang sebelum tanggal awal kerja.

Salah satu kekurangan fungsi Workday ini adalah pengaturan Weekend atau akhir pekan yg hanya Sabtu Minggu. Apabila perhitungan tanggal yg kita gunakan ternyata libur kerja yg di pakai adalah Jum'at saja misalnya maka fungsi ini tidak akan bekerja sprti harapan kita. Untuk itu mulai versi Microsoft Excel 2010 ditambahkan fungsi yg lebih canggih untuk menggantikan fungsi Workday ini. Fungsi dimaksud adalah fungsi Workday.Intl.

Fungsi WORKDAY.INTL Excel


Fungsi WORKDAY.INTL pada dasarnya memiliki kegunaan yg sama dengan fungsi WORKDAY, yakni sama-sama digunakan untuk menghasilkan tanggal sebelum atau sesdh periode hari tertentu dengan mengabaikan akhir pekan & hari libur lainnya. Hanya saja pada fungsi Workday.Intl ini kita bisa lebih leluasa untuk menentukan hari apa saja yg kita tentukan sbgai akhir pekan(weekend).

Fungsi WORKDAY.INTL hanya tersedia untuk microsoft excel versi 2010 ke atas.

Cara Menggunakan Rumus Workday.Intl


Parameter atau argumen Fungsi Workday.Intl sama dengan fungsi Workday, hanya saja pada fungsi ini ada opsi penambahan argumen Akhir_Pekan yg digunakan untuk menentukan hari apa saja yg akan kita tentukan sbgai akhir pekan atau libur kerja dlm setiap minggunya.

Penulisan atau sintaks fungsinya adalah sbgai brkut:

WORKDAY.INTL(Tanggal_Awal;Jumlah_Hari; [Akhir_Pekan]; [Hari_Libur])

  • Tanggal_Awal diisi dengan tanggal awal kerja yg akan dihitung.
  • Jumlah_Hari diisi dengan diisi jumlah lamanya hari pekerjaan diselesaikan.
  • [Akhir_Pekan] diisi dengan kode akhir pekan yg akan diabaikan dari hari kerja. Argumen ini boleh dikosongkan (tidak digunakan). Jika dikosongkan maka Workday.Intl akan menggunakan hari Sabtu & Minggu sbgai akhir pekan.
  • [Hari_Libur] adalah range data atau konstanta array yg berisi satu atau beberapa nomor seri tanggal libur kerja. Argument ini bersifat opsional jadi boleh dikosongkan jika memang tidak ada tanggal-tanggal libur kerja yg akan diabaikan.

Kode akhir pekan pada fungsi ini ada 2 macam berupa angka 1-17 atau kode string teks yg menunjukkan hari apa saja yg akan kita atur sbgai hari libur kerja dlm seminggu.

Kode angka untuk untuk parameter Akhir-Pekan pada fungsi Workday.Intl adalah sbgai brkut:

KODEAKHIR PEKAN
1Sabtu, Minggu
2Minggu, Senin
3Senin, Selasa
4Selasa, Rabu
5Rabu, Kamis
6Kamis, Jumat
7Jumat, Sabtu
11Minggu
12Senin
13Selasa
14Rabu
15Kamis
16Jumat
17Sabtu

Selain menggunakan kode angka di atas kita bisa juga mengatur parameter akhir pekan dengan tujuh karakter string teks berupa gabungan teks angka 1 & 0 yg mewakili hari Senin-Minggu. Angka 1 mewakili hari libur se&gkan angka 0 mewakili hari masuk kerja.

Misalnya untuk akhir pekan atau hari libur Sabtu & Minggu kode string yg digunakan adalah 0000011. Se&gkan untuk yg masuk kerja hanya hari Senin, Selasa & Kamis (Rabu, Jumat, Sabtu & Minggu libur)maka kode Stringnya adalah 0010111.

Contoh Penggunaan Rumus Workday.Intl


Untuk contoh penggunaan rumus Workday.Intl adalah sbgai brkut:

 Rumus Menentukan Tanggal Selesai Kerja di Excel Fungsi WORKDAY, Cara Menentukan Tanggal Selesai Kerja di Excel

=WORKDAY.INTL(C2;D2)

Pada rumus pertama ini fungsi workday.Intl akan bekerja persis sprti rumus Workday dimana rumus ini menghitung tanggal selesai kerja yg dimulai pada tanggal 3 April selama 15 Hari dengan mengabaikan hari Sabtu & Minggu. Pada rumus ini argument Akhir_Pekan & Hari_Libur kita kosongkan.

=WORKDAY.INTL(C2;D2;11)

Pada rumus excel kedua, argument Akhir pekan kita tentukan dengan angka 11 yg bertai bahwa akhir pekan jatuh pada hari Minggu saja, se&gkan argumen Hari_Libur kita kosongkan.

=WORKDAY.INTL(C2;D2;"0000001";A2:A4)

Pada rumus ke-3, kita menggunakan kode string untuk mengatur argument Akhir_Pekan. kode string ini kita masukkan dengan diapit oleh petik ganda ("...") untuk menandai bahwa data yg kita masukkan berupa teks.

=WORKDAY.INTL(C2;D2;;A2:A4)

Untuk contoh Workday.Intl yg terakhir ini tidak menggunakan parameter Akhir_Pekan yg artinya bahwa akhir pekan kita atur sesuai defaultnya yakni hari Sabtu & Minggu. Pada rumus ini yg perlu diperhatikan adalah jika menggunakan parameter Hari_Libur tanpa parameter Akhir_Pekan maka cara penulisannya sprti contoh di atas, dimana argumen Hari_libur kita tulis setlah 2 pemisah argumen (;;) atau (,,) jika mengguanakan English Setting.


Demikian pembahasan kita kali ini tentang cara menentukan tanggal selesai kerja dengan menggunakan fungsi Workday & Workday.Intl.

Jika anda rasa bermanfaat, jangan sungkan-sungkan untuk berbagi ke media sosial yg anda gunakan agar lebih banyak lagi yg bisa mendapatkan manfaatnya. Salam .
Sumber https://www.kelasexcel.id

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Fungsi WORKDAY, Cara Menentukan Tanggal Selesai Kerja di Excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel