Fungsi AVERAGE Excel, Rumus/Cara Menghitung Rata-rata di Excel
Rumus/Fungsi Average Excel - Bagaimanakah cara menghitung rata-rata di excel? Pada tutorial excel kali ini, kita akan belajar cara menghitung nilai rata-rata pada microsoft excel.
Dengan menggunakan office excel Anda tidak akan kesulitan untuk mencari rata-rata nilai, sebab microsoft excel sdh menyediakan fungsi khusus untuk menghitung nilai rata-rata sekelompok data, yakni dengan menggunakan fungsi AVERAGE excel.
Rumus rata-rata sendiri adalah sebuah rumus yg digunakan untuk menghitung jumlah nilai sekelompok data di bagi dengan banyaknya data. Pada umumnya nilai rata-rata digunakan untuk mendapatkan gambaran umum dari sebuah data.
Pada tutorial excel kali ini kelas excel akan mengajak anda untuk mempelajari rumus rata-rata excel atau bagaimana cara menghitung nilai rata-rata pada microsoft excel dengan menggunakan fungsi Average excel.
Pengertian Fungsi AVERAGE Excel
Fungsi AVERAGE adalah salah satu fungsi microsoft excel yg digunakan menghitung rata-rata dari sekelompok nilai argumen yg diberikan pada beberapa sel atau range data. Dengan kata lain Fungsi AVERAGE adalah fungsi dlm excel yg digunakan menghitung rata-rata dari sekelompok nilai.
Pada microsoft excel, Fungsi Average termasuk dlm kategori fungsi Statistik.
Rumus Average pada excel biasanya digunakan untuk menghitung nilai rata-rata matematika di excel sprti menghitung nilai rata rata raport untuk penilaian hasil belajar siswa.
Cara Menggunakan Fungsi AVERAGE
Cara menghitung rata-rata di excel dengan menggunakan fungsi excel Average adalah sbgai brkut:
AVERAGE(Angka1; [Angka2]; ...)
Sintaksis atau cara penulisan fungsi excel AVERAGE di atas memiliki argumen brkut:
- AVERAGE
- Nama fungsi excel untuk menghitung nilai rata-rata.
- Angka1
- (Wajib di isi) Argumen angka pertama, referensi sel, atau rentang yg akan kita hitung nilai rata-ratanya.
- Angka2
- (Opsional) Angka tambahan lain, referensi sel, atau rentang yg ingin dihitung rata-ratanya, hingga maksimum 255.
Contoh Rumus AVERAGE
Contoh penggunaan rumus average excel bisa anda lihat dibawah ini:
Menghitung Rata-rata di Excel Dengan Rumus Average 1
Silahkan lihat contoh penggunaan rumus average dlm microsoft excel brkut:
=AVERAGE(A2:A7)
Pada contoh diatas, rumus average excel digunakan untuk mencari rata-rata nilai pada range A2:A7. Hasilnya adalah 20. Angka 20 ini didapat dari perhitungan rata-rata nilai brkut:
(20+30+20+10+30+10)/6 = 120/6 = 20
Mencari Rata-rata di Excel Dengan Rumus Average 2
Selanjutnya slahkan perhatikan contoh rumus average excel yg digunakan untuk menghitung nilai rata-rata excel brkut:
Pada sel D3 contoh gambar diatas rumus rata-rata excel yg digunakan adalah:
=AVERAGE(A2:A6;B2:B6)
Rumus rata-rata excel dengan fungsi Average tersebut menghitung nilai rata-rata dari range A2:A6 & B2:B6. Hasilnya adalah 20. Angka ini di dapat dari perhitungan brkut:
(10+15+30+20+15+20+30+40+0+20)/10 = 200/10 = 20
Pada microsoft excel, selain menggunakan rumus excel tersebut, cara mencari rata-rata dengan rumus average untuk range data tersebut, dapat juga dihitung dengan rumus excel brkut sprti contoh pada sel D4:
=AVERAGE(A2:B6)
Rumus Excel diatas akan menghasilkan nilai rata-rata yg sama dengan rumus sebelumnya. Yakni angka 20.
Selain menggunakan referensi sel/range sprti contoh diatas, argumen pada fungsi Average bisa juga berupa angka atau nama range. Untuk membuat nama range bisa anda pelajari pada halaman brkut: 3 Cara Memberi Nama Range Pada Excel.
Jika referensi sel atau range berisi teks, nilai logika, atau sel kosong, nilai-nilai itu akan diabaikan akan tetapi, sel dengan nilai nol dimasukkan/ tetap dihitung sprti pada contoh 2 diatas.
Selanjutnya perhatikan contoh rumus average excel brkut:
Pada contoh Average diatas, jika kita menghitung rata-rata nilai untuk range A2:A7 dengan rumus brkut:
=AVERAGE(A2:A7)
Maka evaluasinya akan mengabaikan sel-sel yg berisi teks (A3), nilai logika (A5) & sel kosong (A6). Sehingga hanya 3 sel yg dihitung rata-ratanya. Bukan 5 Sel.
(20+20+20)/3 = 60/3 = 20
Jika kita ingin menyertakan nilai logika & teks yg merepresentasikan angka dlm sebuah referensi sbgai bagian dari perhitungan, gunakan fungsi AVERAGEA.
Perlu Anda ketahui bahwa argumen fungsi AVERAGE yg berupa nilai kesalahan atau teks yg tidak dapat diterjemahkan menjadi angka semisal nilai error #N/A akan menyebabkan fungsi Average menghasilkan nilai error atau kesalahan sprti pada contoh diatas.
=AVERAGE(A2:A7)
Rumus Average Excel diatas menghitung rata-rata nilai untuk range A2:A7. Rumus excel tersebut akan menghasilkan nilai kesalahan #NA. Sebab pada range A4 terdapat sel yg bernilai error.
Rumus Rata-rata Excel Lain
Fungsi Average pada excel tidak bisa digunakan untuk menentukan rata-rata nilai dengan syarat atau kriteria tertentu. Apabila anda ingin menghitung rata-rata nilai di excel dengan syarat atau kriteria tertentu, maka gunakanlah fungsi AVERAGEIF atau AVERAGEIFS yg sdh kmi bahas pada bagian lain.
Sekian pembahasan kali ini tentang cara menggunakan rumus AVERAGE untuk menghitung rata-rata nilai di Excel. Jika masih ada yg kurang jelas slahkan disampaikan pada kolom komentar yg tersedia.
Semoga bermanfaat & selamat mencoba. Terima kasih! Sumber https://www.kelasexcel.id
Belum ada Komentar untuk "Fungsi AVERAGE Excel, Rumus/Cara Menghitung Rata-rata di Excel"
Posting Komentar